Minggu, 09 Februari 2020 22:12

Menangkan peperangan melawan wabah berdasarkan hukum dan peraturan

Luar Negeri

Baru-baru ini, Sekretaris Jenderal Komite Sentral Partai Komunis Tiongkok Xi Jinping memimpin rapat ke-3 Komite Pemerintahan Negara Berdasarkan Hukum PKT dan menyampaikan pidato penting.

Dia menekankan, saat ini adalah saat yang krusial untuk melakukan pencegahan dan pengontrolan wabah, maka semakin diperlukan tindakan yang berdasarkan hukum, mengajukan tuntutan konkret dari berbagai bagian antara lain penegakan hukum, pelaksanaan hukum, pengadilan serta penjaminan hukum. Diajukannya tuntutan tersebut mencerminkan ide PKT sebagai partai berkuasa di Tiongkok untuk menjalankan pemerintahan negara berdasarkan hukum, serta menyediakan jaminan supremasi hukum untuk Tiongkok dalam melaksanakan pencegahan dan pengontrolan wabah.

Selama beberapa tahun belakangan ini, Tiongkok terus meningkatkan upaya legislatif di bidang pengobatan dan kesehatan. Serangkaian undang-undang dan peraturan telah disusun untuk menangani wabah serius dan peristiwa darurat sosial yang dapat membahayakan masyarakat secara serius, antara lain Undang-Undang Pencegahan Penyakit Menular Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Undang-Undang Antisipasi Peristiwa Darurat RRT, dan Peraturan Antisipasi Perisitwa Darurat di Bidang Kesehatan Umum.

Tindakan-tindakan terebut telah menyediakan jaminan hukum sepenuhnya kepada Tiongkok untuk melaksanakan pencegahan dan pengontrolan wabah dan melakukan tindakan darurat berdasarkan hukum.

Justru karena itulah, setelah terjadinya wabah kali ini, Tiongkok telah menjalankan pencegahan dan pengontrolan wabah secara ilmiah dan berdasarkan hukum. Pihaknya mencantumkan wabah pneumonia virus corona jenis baru atau NCP ke dalam daftar penyakit menular, menghidupkan respon tingkat pertama peristiwa darurat kesehatan umum di 31 propinsi, daerah otonom dan kota di daratan Tiongkok, dengan sekuat tenaga menerima pasien yang terdiagnosa dan pasien yang dicurigai terjangkit NCP, menghukum sejumlah pejabat pemerintah yang kurang mampu dalam menunaikan tugasnya. Semangat supremasi hukum telah dicerminkan sepenuhnya dalam pencegahan dan pengontrolan wabah kali ini.

Dalam proses penanggulangan wabah NCP, masih terjadi berbagai masalah seperti pembuatan dan penjualan produk palsu, penyebaran hoax, perlakuan kekerasan terhadap dokter, penaikan harga barang dll. Masalah-masalah itu hendaknya diselesaikan berdasarkan semangat supremasi hukum, inilah jaminan fundamental untuk memenangkan peperangan melawan wabah kali ini.

Untuk itu, Xi Jinping menekankan, hendaknya mendorong berbagai pekerjaan dengan bertolak dari jalur hukum, menyempurnakan penegakan hukum pencegahan dan pengontrolan wabah, dengan ketat melaksanakan undang-undang dan peraturan terkait, mengintensifkan upaya pengadilan terhadap tindakan yang merugikan pencegahan wabah, serta meningkatkan pembenahan sosial dan pengawasan pasar, serta merilis informasi terkait wabah berdasarkan hukum.

Rakyat sudah mengetahui, mengenai masalah terkait yang diajukan oleh rakyat, Tim Pemeriksa Komite Pengawasan Nasional Tiongkok sudah tiba di kota Wuhan pada hari Sabtu kemarin (8/2), inilah upaya sesungguhnya yang dilakukan pemerintah Tiongkok untuk melaksanakan pencegahan dan pengontrolan wabah berdasarkan hukum.

favorite 2 likes

question_answer 0 Updates

visibility 164 Views

Update
No Update Available
Related News
Film dokumenter "24 Jam Kota Wuhan" mencatat kehidupan warga dalam wabah
Mantan Wakil Menlu Tiongkok: `Apakah sistem demokrasi akan rapuh hadapi ancaman teknologi 5G HUAWEI?`
Kebohongan Pelosi dibantah di depan Konferensi Keamanan Munich
×