Kamis, 20 Pebruari 2020 18:12

Berikan Wasbang, Babinsa Koramil 0906-01/Tenggarong: "Pentingnya wawasan kebangsaan bagi anak usia dini"

Pendidikan

Babinsa Koramil 0906-01/Tenggarong Sertu Budiono memberikan materi Wasbang kepada siswa siswi TK Islam Sahabat di Kelurahan Loa Ipuh Darat, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kamis (20/02).

Pemberian materi Wasbang ini dilakukan oleh Babinsa di semua sekolah yang ada di wilayah binaan dalam rangka menanamkan rasa cinta Tanah Air siswa dan menambah pengetahuan tentang wawasan kebangsaan agar para siswa siswi akan menjadi generasi penerus bangsa yang berjiwa patriot.

Pemberian Wawasan kebangsaan tidak seharusnya diberikan pada usia remaja saja, namun menurut Sertu Budiono sebagai Babinsa Kel. Loa Ipuh Darat Kec. Tenggarong, bahwa memberikan pembekalan wawasan kebangsaan pada pendidikan anak usia dini. Usia 0-6 tahun adalah usia emas bagi masa pertumbuhan dan perkembangan anak, dianggap sangat perlu hal tersebut untuk mencetak pendidik yang berwawasan kebangsaan serta mengembangkan sikap nasionalisme dalam menghadapi era globalisasi.

Wawasan Kebangsaan sejak dini Bersama "TK Islam Sahabat" di RT 02 Kelurahan Loa Ipuh Darat, Ia menuturkan juga bahwa menanamkan rasa cinta Tanah Air harus diterapkan dan dibiasakan dalam kehidupan sehari-hari seperti dalam proses belajar yang di mulai dengan datang ke sekolah tepat waktu, mengumpulkan tugas sekolah tepat waktu, dan harus taat kepada semua guru serta mematuhi peraturan tata tertib sekolah hal ini akan mendasari tumbuhnya sikap disiplin dan rasa cinta Tanah Air.

“Sesuai dengan levelnya, tentu pemberian materi wawasan kebangsaan tersebut harus di sesuaikan dengan keadaan usia. Sehingga bisa mudah dicerna, dipahami dan dimengerti untuk dilaksanakan dalam kehidupan,” ungkapnya.

"Demikian juga saat kita di rumah dan di lingkungan harus patuh kepada orang tua, taat kepada aturan agama dan lingkungan," tambahnya.

Di tempat terpisah Danramil 0906-01/Tenggarong Kapten Inf Priyanto mengungkapkan, pemberian materi wawasan kebangsaan berupa materi kedisiplinan, cinta Tanah Air dan Pancasila bagi siswa siswi TK Islam Sahabat adalah salah satu tujuan pemberian materi wawasan kebangsaan ini untuk melatih kedisiplinan dan menanamkan jiwa nasionalisme serta cinta Tanah Air,” ujarnya.

Penanaman wawasan kebangsaan ini merupakan bagian dari pendidikan karakter yang dapat menumbuhkan sikap disiplin pada diri siswa siswi dan semangat kebangsaan hingga mampu menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.

”Untuk mempersiapkan pendidik yang memiliki kepribadian dan mental yang bersumber pada nilai-nilai kebangsaan,” imbuhnya.

Diakhir kegiatan diadakan foto bersama antara Sertu Budiono dan Guru serta Siswa-siswi TK Islam Sahabat sebagai kenang-kenangan semoga dengan kehadiran Babinsa Sidodadi memberikan materi Wawasan kebangsaan kepada siswa-siswi di "Tk Islam Sahabat" tersebut membawa Manfaat bagi mereka untuk lebih mencintai Tanah Air indonesia dan menjadi Generasi yang Nasionalisme serta memiliki rasa bela negara demi terciptanya Negara Kesatuan Republik Indonesia. (M.Solichin)

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 319 Views

Update
No Update Available
Related News
Bekerja sama dengan Unila, DPC Peradi SAI Lampung, kembali adakan PKPA ke-3
Dubes Fadjroel Meresmikan PPI Kazakhstan
Penerimaan Mahasiswa Baru: Desain Komunikasi Visual Institut Sains dan Teknologi Al-Kamal (DKV-ISTA) Jakarta
×