Minggu, 29 Maret 2020 10:27

Seluruh dunia bertindak serentak antisipasi COVID-19

Covid-19

“Pada saat krusial ini, kita hendaknya berani menghadapi tantangan dan beraksi cepat.” Demikian imbauan Presiden Tiongkok Xi Jinping di depan KTT Khusus G20 untuk penanganan COVID-19.

Pada saat krusial penanggulangan COVID-19, para pemimpin dari berbagai ekonomi utama dan organisasi internasional untuk pertama kali mengadakan konsultasi tatap muka melalui konferensi online, juga adalah kali pertama diadakannya konferensi online dalam sejarah G20. Dalam KTT kali ini, Presiden Xi dan pemimpin anggota G20 mengadakan koordinasi dan komunikasi darurat mengenai pandemi COVID-19 yang semakin serius di seluruh dunia. 4 usulan yang diajukan Presiden Xi sangat menarik perhatian dunia, antara lain melakukan pertempuran global pencegahan wabah COVID-19, menjalankan pencegahan dan pengontrolan gabungan dengan masyarakat internasional, mendukung organisasi internasional memainkan peranan, dan meningkatkan koordinasi kebijakan ekonomi makro antar komunitas internasional.

Sebelum diadakannya konferensi online kali ini, Presiden Xi telah mengadakan 26 kali pembicaraan via telepon dengan 22 pemimpin negara dan penanggung jawab organisasi internasional, 14 pemimpin di antaranya pemimpin anggota G20.

Selain kontak erat antara pemimpin Tiongkok dengan manca negara mengenai pencegahan wabah, Tiongkok masih secara inisiatif memberikan bantuan sedapat mungkin kepada negara-negara yang ada keperluan. Sejauh ini, pemerintah Tiongkok telah menyediakan barang bantuan kepada 89 negara, dan 4 organisasi internasional antara lain WHO dan Uni Afrika,, terutama barang medis berupa alat tes dan masker, menyumbangkan dana bantuan sebesar 20 juta dolar AS kepada WHO untuk mengadakan kerja sama internasional terkait, pemerintah lokal, perusahaan dan lembaga swadaya Tiongkok juga mengulurkan tangan kepada negara yang epidemi serius. Inilah aksi kemanusiaan darurat yang waktu pertolongan paling konsentrasi dan lingkup paling luas yang dilaksanakan Tiongkok sejak berdirinya RRT.

Ada komentar mengatakan, pada saat ini, ide komunitas senasib sepenanggungan yang diinisiatifkan Tiongkok nampaknya makin benar dan urgen daripada waktu kapanpun.

Para anggota G20 hendaknya segera beraksi! Sebagai wakil ekonomi maju dan negara pasar baru, G20 perlu memanifestasikan kemampuan pimpinan, melaksanakan berbagai kesepahaman yang dicapai KTT kali ini dan berupaya demi memenangi pertempuran melawan wabah Covid-19.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 38 Views

Update
No Update Available
Related News
Cegah Covid-19, personel Koramil 03/GP intensifkan penyemprotan disinfektan lingkungan
Kapolsek Jatiwangi tinjau posko taktis TNI-Polri di Toserba Surya Jatiwangi
Anggota Polres Cirebon sosialisasi ucapan Kapolda Jabar dan Pangdam III Siliwangi kepada masyrakat
×