Senin, 30 Maret 2020 07:39

Pakar Medis AS: Pernyataan COVID-19 berasal dari Pasar Seafood Huanan Kota Wuhan adalah estimasi yang salah

Covid-19

Baru-baru ini, Profesor Robert Garry dari Fakultas Kedokteran Universitas Tulane Amerika Serikat dalam wawancaranya dengan American Broadcasting Company (ABC) menyatakan, pasar seafood Wuhan bukanlah sumber dari penularan COVID-19.

Garry menyatakan bahwa meskipun sejumlah banyak orang menganggap virus tersebut berasal dari sebuah pasar seafood di kota Wuhan, tapi ternyata estimasi tersebut adalah salah. Dikatakannya, “analisa kami serta sejumlah analisa lain sama-sama tertuju pada asal usul yang lebih awal dari pasar tersebut. Wuhan dipastikan memilki sejumlah kasus terkonfirmasi, namun sama sekali bukan tempat asal virus tersebut.

Dikatakan oleh Garry bahwa mutasi protein permukaan barangkali adalah penyebab terpicunya pandemi COVID-19 kali ini, namun sebelum mencapai situasi dewasa ini, virus versi lemah tersebut sudah mulai menular antar manusia selama beberapa tahun bahkan puluhan tahun yang lalu.

Selain itu, Garry menyatakan pula bahwa dari riset terhadap virus corona lainnya mereka mengetahui bahwa virus dapat bermutasi dan berubah menjadi patogen. Hal tersebut dapat dengan lebih baik menjelaskan mengapa virus serupa dapat begitu mudah menular dan mengakibatkan pandemi dewasa ini.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 129 Views

Update
No Update Available
Related News
Kapolres Sumedang cek Pasar Sandang
Penanaman perdana jagung oleh Polres Ciamis dan Kodim 0613 Ciamis
Cegah Covid-19, Bhabinkamtibmas Gunung Jati Polres Cirebon Kota sampaikan edukasi
×