Jumat, 03 April 2020 22:26

Bisnis lintas batas Tiongkok aktifkan kembali rantai pasokan global

Covid-19

Pandmemi Covid-19 sempat mengakibatkan serangkaian pemutusan pasar dan jeda konsumsi, perusahaan dan modal globalisasi sedang menjelajahi peluang penembusan pasar dan inovasi modus bisnis di bawah pencegahan dan pengendalian wabah yang ketat dewasa ini. Selama masa tersebut, operasional kereta api Tiongkok-Eropa termasuk kota Wuhan sudah secara keseluruhan pulih normal, pemulihan pengangkutan barang-barang melalui kereta api berskala besar akan bermanfaat bagi penyaluran efektif berbagai pasar Eurasia yang terputus akibat pandemi.

Buah-buahan dari negara-negara ASEAN masuk ke wilayah Tiongkok melalui jalur kereta api. Jumlah permohonan deklarasi ekspor e-bisnis lintas batas di kota Hangzhou terpelihara pertumbuhan yang berkelanjutan dan cepat, dengan tujuan ekspor ke Rusia, Spanyol, Prancis dan negara-negara Eropa lainnya. Keaktifan bisnis serupa sedang membangunkan pasar dan dengan efektif memperbaiki rantai pasokan global.

Perusahaan analisa data geografia gambar satelit AS, Orbital Insight menemukan bahwa mulai pertengahan Maret lalu, jumlah kapal yang berangkat dari pelabuhan perdagangan terbesar di dunia yaitu Shanghai meningkat drastis, dengan demikian telah mendorong kapal-kapal yang berlabuh untuk turut berangkat. Pelabuhan terbesar kedua di dunia, yaitu pelabuhan Singapura dan pelabuhan hub Eropa, Rotterdam sedang mengalami pemulihan bisnis, perusahaan pelayaran kontainer terbesar di dunia, Maersk menyatakan, karena Tiongkok sudah siap menerima, pengangkutan barang-barang di Rotterdam sudah mulai aktif.

Tindakan tersebut sempat memberikan harapan dan keyakinan bagi pemulihan cepat rantai pasokan global. Pasar dan konsumsi yang terputus akibat pandemi sedang terbangun.

Saat ini, perdagangan buah-buahan antara Tiongkok dan ASEAN bertambah lagi satu jalur yang praktis. Kereta api yang mengangkut buah-buahan dari Vietnam ke pelabuhan Pingxiang, Guangxi berangkat dua atau tiga kali setiap minggu. Pelabuhan Pingxiang adalah pelabuhan ekspor-impor buah-buahan daratan yang terbesar di Tiongkok. Saat ini, buah-buahan yang diimpor melalui pelabuhan Pingxiang telah mencapai separoh dari jumlah total buah-buhan yang diimpor Tiongkok. Buah-buhan tropis yang diimpor dari Asia Tenggara mencapai tiga perempat dari jumlah total buah-buhan yang dimpor Tiongkok dari Asia Tenggara.

Buah-buahan dari negara-negara ASEAN memasuki Tiongkok melalui pelabuhan kereta api, dan dapat langsung tiba di Lanzhou, Xian dan Chongqing, melalui jalur baru darat dan laut, bahkan dapat tiba di Asia Tengah dan pasar Eropa jika melalui transportasi rantai dingin.

Jumlah pesanan industri manufaktur elektronik Suzhou dan Chongqing meningkat tajam. Saat ini, kereta api Chongqing-ASEAN telah mewujudkan normalisasi operasi. Saat ini, jaringan pengangkutan lintas batas jalur ASEAN total berjumlah 6, meliputi Vietnam, Laos, Thailand, Kamboja, Myanmar dan Singapore, telah mewujudkan pencakupan terhadap semua negara di Semenanjung Indochina.

Pada dua bulan pertama tahun ini, ekspor-impor e-commerce lintas batas Provinsi Guangdong meningkat 33,4 persen. Bisnis e-commece lintas batas Provinsi Hainan bertumbuh 5,5 kali lipat. Jumlah konsumsi barang impor di T Mall meningkat 52 persen pada bulan Februari dibandingkan masa yang sama tahun lalu. Selama wabah, platform Taobao untuk luar negeri berhubungan erat dengan konsumen, kebutuhan terhadap barang dagang dari luar negeri telah terpenuhi lebih lanjut.

Pasar dan konsumsi Tiongkok berangsur-angsur pulih, dan mendatangkan kesempatan dan daya dorong kepada perbaikan rantai penyuplaian. Hanya saat rantai pasokan diperbaiki secara tepat waktu dan beroperasi dengan normallah, langkah kebijakan makro yang dikeluarkan berbagai negara untuk merangsang ekonomi baru dapat benar-benar memainkan peranannya.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 75 Views

Update
No Update Available
Related News
Kemanjuran dan keamanan vaksin buatan Tiongkok tak boleh dimungkiri
AS maling teriak maling?
Beberapa negara yang tuntut Tiongkok untuk ‘Terbuka’ malah batasi warga Tiongkok masuki wilayahnya
×