Senin, 06 April 2020 08:28

Kapolres Majalengka pimpin `Tactical Floor Game` hadapi situasi kontijensi pasca penetapan PSBB

Peristiwa

Polres Majalengka telah melakukan berbagai kegiatan diantaranya melakukan penyemprotan disinfektan secara massal dan mengimbau masyarakat agar menjaga pola hidup sehat dan bersih serta membubarkan keramaian agar wabah COVID-19 tidak melanda Kabupaten Majalengka.

Kegiatan jangka pendek sudah sering dilakukan Polres Majalengka dan Polsek Jajaran bersinergi dengan instansi terkait lainnya. Kali ini, Polres Majalengka menyiapkan strategi jangka panjang menghadapi pandemi virus corona ini. Dengan menggelar rapat koordinasi Tactical Floor Game (TFG) Sispam Kota Kotijensi dalam Rangka Antisipasi dampak Keamanan dari Kebijakan Pemerintah PP NO 21 TAHUN 2020 Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Dipimpin langsung oleh Kapolres Majalengka AKBP Dr.Bismo Teguh Prakoso didampingi Wakapolres Majalengka KOMPOL H.Hidayatullah dan Pejabat Utama Polres Majalengka. Hadir juga Dandim 0617/Majalengka, Kasat Pol PP, Ka Dishub, BPBD, dan Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka. Kegiatan rencana kontijensi tactical floor game (TFG) ini di Gedung Serba Guna Sarja Arya Racana Polres Majalengka.

Kapolres Majalengka AKBP Bismo Teguh Prakoso menghadapi situasi saat ini ia mengharapkan kerjasama dari Pemerintah Daerah Kabupaten Majalengka, TNI, Satpol PP dan juga dinas terkait lainnya. Kegiatan TFG ini, sebagai bentuk kesiapan kita apabila kedepannya terjadinya hal yang tidak kita inginkan, seperti contohnya tahapan menjadi darurat sipil dan bagaimana upaya yang akan dilakukan oleh TNI-Polri serta stakeholder terkait lainnya,” jelasnya.

Dalam tactical floor game ini berikut dengan simulasi penanganan ancaman kontijensi yang mulai dari pengamanan dengan eskalasi aman sampai ke eskalasi yang membahayakan seperti penjarahan dan pengrusakan.

Didalamnya terdapat simulasi pengerahan dalmas awal untuk situasi eskalasi hijau hingga ke pasukan anti huru hara Brimob untuk eskalasi merah. Diterapkan juga simulasi lockdown Kabupaten Majalengka jika terjadi situasi yang tidak kondusif dengan menutup akses masuk Kabupaten Majalengka di berbagai titik akses ke Kabupaten Majalengka.

Lanjutnya, “Ketersedian bahan pokok juga selalu kami cek, untuk satu minggu ini sudah kami data dan cukup untuk masyarakat di Kabupaten Majalengka, tetapi kami belum bisa memastikan untuk kesiapan bahan pokok satu bulan kedepannya,” terangnya.

Sementara itu, seluruh intansi terkait yang diundang dalam kegiatan tactical floor game (TFG) mengapresiasi Kapolres Majalengka dan jajarannya, yang sudah sangat aktif melaksanakan kegiatan pencegahan virus corona di Kabupaten Majalengka.

favorite 1 likes

question_answer 0 Updates

visibility 66 Views

Update
No Update Available
Related News
Jelang Pilkada Tahun 2020, Kapolres Indramayu terus melaksanakan kegiatan silaturahmi Kamtibmas
Puluhan orang terjaring operasi yustisi tiga pilar Kecamatan Sliyeg
Tiga pilar Kecamatan Balongan gencar gelar operasi yustisi
×