Minggu, 17 Mei 2020 11:37

Media Internasional fokuskan kritik Tiongkok kepada politisi AS

Covid-19

Dalam suatu kurun waktu belakangan ini, China Media Group (CMG) berturut-turut mengeluarkan komentar untuk mengkritik tindakan-tindakan politisi AS seperti Mike Pompeo dan Steve Bannon. Laporan menunjukkan, politisi AS yang menfitnah Tiongkok bertujuan menimpakan kesalahan, mengalihkan pandangan perhatian dalam negeri, dan mencuri suara pemilu. Laporan menekankan, politisi AS harus bertanggungjawab atas penularan pandemi global, dan menunjukkan perlunya melakukan penyelidikan atas keraguan masyarakat internasional terhadap penanganan wabah virus corona di Amerika.

Laporan-laporan tersebut disiarkan CCTV Tiongkok, Stasion Televisi Internasional Tiongkok CGTN, serta dilansir oleh China Radio Internasional dengan berbagai macam bahasa, bahkan dilaporkan oleh 100 lebih media utama internasional, antara lain CNN, BBC, France 24 TV, RAI, VGTRK, Al Jazeera, dan The Wall Street Journal, Newsweek dari Amerika, The Times Inggris , Kantor Berita AFP dll.

CNN
Dari 1 hingga 3 Mei lalu, CNN Internasional dan channel dalam negerinya pernah 9 kali melaporkan, bahwa Stasion Televisi Sentral Tiongkok hampir setiap hari mengeluarkan komentar mengecam tuduhan Mike Pompeo terhadap Tiongkok, salah satu komentarnya menunjukkan, , Mike Pompeo yang menyebar “Virus Politik” mau menjadi musuh umat manusia.
CNN juga melaporkan dua komentar CMG yaitu “Empat Dosa Mike Pompeo sebagai Manusia” dan “Pemaksaan Mike Pompeo terhadap WHO Adalah Tindakan Provokasi Kepada Seluruh Dunia”

The Wall Street Journal
Situs web The Wall Street Journal Amerika dalam artikel pada 4 Mei lalu menanggap, Mike Pompeo bersikeras menuduh sumber wabah berasal dari laboratorium Tiongkok, Tindakan itu menimbulkan kemarahan media Tiongkok.

VOA
Radio pemerintah AS VOA pernah 17 kali mengutip laporan CMG “Empat Dosa Mike Pompeo sebagai Manusia” masing-masing pada 30 April, 1 Mei dan 4 Mei.

News Week
Situs web Majalah News Week Amerika merilis laporan “Media Utama Tiongkok Kecam Kebohongan Jelek Mike Pompeo” pada 5 Mei lalu, dan melaporkan bahwa media utama Tiongkok menanggapi tuduhan Mike Pompeo dengan sikap marah-marah.

BBC Arabic
Siaran BBC Bahasa Arab menyiarkan laporan Program Berita Stasion Televisi Sentral Tiongkok yang berjudul Steve Bannon Inginkan Kekacauan Dunia, dan mengutip komentarnya mengatakan, musuh AS adalah virus, bukan Tiongkok. Gerak-gerik konyol Bannon tersebut justru memperlihatkan kelemahan AS dalam perlawanan wabah, serta intrik sejumlah politikus yang hanya menginginkan keuntungan politik.

favorite 2 likes

question_answer 0 Updates

visibility 249 Views

Update
No Update Available
Related News
Polsek Gunung Jati tetap siap di pos check point
Tim gabungan dan Polsek Gunung Jati gelar cek poin kendaraan
Patroli Polsek Polsek Gunung Jati iimbau warga bubarkan diri
×