Sabtu, 23 Mei 2020 23:17

Support UMKM serta masyarakat terdampak COVID-19, Puspera Indonesia dan Dosen Muda Bersatu bagikan paket sembako door to door

Kemanusiaan

Pusat Studi Pendampingan Rakyat (Puspera) Indonesia dan Asosiasi Dosen Muda Bersatu gencar memberikan support bantuan kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) serta masyarakat terdampak dari pandemi virus corona yang marak mulai tahun 2019 atau sering disingkat COVID-19, sehingga menyebabkan perubahan ekonomi, sosial dan pola hidup masyarakat.

“Dampak yang paling besar dirasakan oleh pelaku usaha kecil dan masyarakat bawah adalah dampak ekonomi, dimana roda pergerakan ekonomi berjalan lambat dan hampir stagnan ataupun jalan di tempat,” kata Direktur Executif Puspera Indonesia Irfandi, M.Si pada Sabtu (23/05), disela-sela pembagian paket bantuan yang di laksanakan di 4 Kabupaten kota di Sumatera Utara.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Pembina dan Ketua Umum Asosiasi Dosen Muda Bersatu Mukti Hamjah, M.Si dan Deo demonta Panggabean, M.Pd. , Direktur Analisis Kebijakan Publik Puspera Deddy Husrizal, SE., M.Si, yang ikut serta membagikan bantuan paket sembako secara door to door dengan mengedepankan protokol kesehatan dengan `New Normal`.

“Kondisi pandemi saat sekarang ini lebih parah dampak yang dirasakan oleh sebagian besar UMKM dan masyarakat terdampak, yang hanya mengandalkan perputaran modal dalam skala kecil, berbeda dengan pengusaha besar yang telah memiliki aset dan saving yang cukup besar sehingga mampu bertahan beberapa bulan ke depan. Bagi UMKM untuk dapat bertahan dalam 1 bulan saja sudah beruntung sehingga butuh support dari masyarakat agar ekonomi riil tetap terus berjalan. Selain itu krisis pandemi ini menyerang semua sektor berbeda dengan krisis 1998 di mana UMKM dapat leading karena bahan baku lokal tidak sulit di dapat dan minat serta daya beli dunia cukup baik. Saat ini daya beli masyarakat turun drastis dan masyarakat lebih memilih bagaimana bertahan hidup," cetus anggota senat FMIPA Unimed.

Hal senada juga diungkapkan oleh ketua kelompok pelaku UMKM Kria Pandan ibu Meiderita mengatakan, saat sekarang ini para pengerajin pandan cukup terpukul dengan kondisi pandemi saat ini, karena penjualan turun drastis yang biasanya dalam setiap minggunya ratusan produk dapat di jual baik secara langsung maupun lewat pengepul saat ini sangat sepi sekali sehingga untuk menjual puluhan produk saja sudah cukup kesulitan karena permintaan yang turun.

“Maka dengan bantuan dari Puspera Indonesia dan Asosiasi Dosen Muda Bersatu sangat kami memberikan semangat bagi kami pelaku usaha kecil dan masyarakat terdampak, karena kami merasa di perhatikan oleh kampus dan penggiat masyarakat,” ungkap Meiderita.

Bantuan yang diberikan adalah merupakan donasi dari pengurus Puspera Indonesia dan Asosiasi Dosen Muda Bersatu dalam bentuk paket sembako yaitu beras 5 kg, minyak, gula, garam, teh celup dan mie Instan. Bantuan diberikan langsung kekediaman para pelaku ekonomi UMKM dan masyarakat terdampak COVID-19 yang tersebar di empat Kabupaten kota meliputi Medan, Deli Serdang, Serdang Bedagai dan Simalungun. Kegiatan dilaksanakan secara bertahap di mulai dari awal bulan Mei 2020 hingga di penghujung puasa Ramadan 1441 H. (IR_C)

favorite 2 likes

question_answer 0 Updates

visibility 569 Views

Update
No Update Available
Related News
Jumat Berkah, Danrem 052/Wkr berikan bantuan kepada Yayasan Pondok Kasih Karunia Agape
Kapolres Indramayu salurkan bansos untuk warga penyandang disabilitas di Desa Tugu Lelea
Peringati HUT Humas Polri ke 71 tahun, Polres Cirebon Kota bagikan sembako
×