Selasa, 26 Mei 2020 01:43

Politikus AS sebarkan kebencian di masyarakat AS

Luar Negeri

Dokter Keturunan Tionghoa dari Departemen Anestesiologi Rumah Sakit Umum Negara Bagian Massachusetts Amerika Serikat (AS) Lucy Li mengatakan bahwa dirinya merisikokan kesehatannya untuk menyelamatkan nyawa orang lain, tetapi malah difitnah karena wajahnya.” Menurut The Washington Post AS, pada awal wabah COVID-19, Lucy Li dicaci-maki oleh seorang lelaki yang tak dikenalnya. Dalam pekerjaannya, sejumlah pasien menolak menerima pengobatannya karena ia adalah keturunan Tionghoa.

Saat ini, munculnya kembali rasisme di masyarakat AS tak terpisah dari hasutan politikus AS. Sejak terjadinya wabah COVID-19, untuk menutupi kegagalan mereka dalam menanggulangi wabah, sejumlah politikus AS sengaja menghasut oposisi rasial dan menstigma Tiongkok dengan alasan COVID-19, menjadikan fitnahan terjada[ Tiongkok sebagai cara akumulasi modal politik. Sementara itu, sejumlah pekerja media dengan berkoordinasi dengan para politikus terus menyebarlam kebencian rasial, dan ini memperparah keretakan serta perlawanan di msyarakat AS.

Dalam wabah COVID-19 ini, keturunan Asia mendapat perlakuan yang tidak adil, sehingga mengakibatkan gangguan dan halangan bagi pencegahan dan pengendalian wabah di AS secara langsung. Dilihat dari sudut jangka panjang, manipulasi rasisme yang dilakukan politikus AS itu akan merugikan kepentingan negara AS sendiri. Kini, jumlah populasi keturunan Asia yang menempati 6 persen dalam populasi AS itu sudah berpartisipasi secara menyeluruh dalam pembangunan AS di berbagai bidang termasuk ekonomi, pendidikan, kesehatan, iptek dan kebudayaan. Kini, politikus AS sedang sibuk menghidupkan kembali ekonomi, dan jika keturunan Asia mengalami diskriminasi ras, pertumbuhan ekonomi dan masyarakat AS akan dirugikan.

Wabah tak mengenal ras dan batasan negara, dan hanya solidaritas dan saling memperlakuan dengan baik baru bisa mengalahkan virus. Opini rasisme dari Gedung Putih dan Capitol Hill sedang memperuncing kontradiksi dan dan mempergawat keretakan masyarakat AS, sehingga masyarakat AS akan diseret ke dalam kebencian dan perlawanan.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 11 Views

Update
No Update Available
Related News
Tiongkok desak Kosovo berhenti intensifkan kontradiksi
Tiongkok minta Jepang introspeksi pada sejarah agresinya
"Festival Film Internasional Beijing ke-14 - Pekan Film Prancis" sedang digelar
×