Senin, 08 Juni 2020 00:14

Tiongkok publikasikan buku putih `Aksi Tiongkok Untuk Melawan Wabah COVID-19`

Luar Negeri

Kantor Berita Xinhua melaporkan, Kantor Penerbangan Dewan Negara Tiongkok pada Minggu (7/6) memublikasikan buku putih “Aksi Tiongkok untuk Melawan Wabah COVID-19”.

Buku putih ini merupakan satu dokumen penting untuk mencatat perjuangan Tiongkok untuk melawan wabah COVID-19, buku itu dengan sekitar 37.000 kata terdiri dari prakata, bagian utama dan kata penutup. Bagian utama terdiri dari 4 bagian yang masing-masing adalah proses melawan wabah COVID-19, koordinasi antar medan pencegahan dan pengobatan, daya kohesi besar melawan wabah dan pembentukan bersama komunitas senasib kesehatan manusia.

Buku putih itu mengatakan, wabah COVID-19 adalah epidemi terparah yang melanda manusia selama seratus tahun ini. Setelah meletusnya wabah secara mendadak dan sangat ganas, Tiongkok dengan tegas melancarkan perlawanan memerangi wabah, Partai Komunis Tiongkok (PKT) dan pemerintah Tiongkok segera berkasi, Presiden Tiongkok Xi Jinping sendiri memimpin, mengatur dan mengkoordinasi perjuangan melawan wabah, di mana mewujudkan keyakinan dan daya kohesi rakyat Tiongkok dan juga menetapkan pedoman kepada perlawanan wabah COVID-19

Buku putih itu menunjukkan, Presiden Xi sangat mementingkan penanggulangan wabah COVID-19, beliau meningkatkan kepemimpinan secara terpusat,menekankan keamanan jiwa dan kesehatan rakyat harus dinomorsatukan, dan juga meluncurkan pedoman pokok untuk melawan wabah yakni “peningkatan keyakinan, bergotong-royong, pembenahan secara ilmiah dan implementasi secara tepat”, di mana meminta berupaya mencapai kemenangan dalam perlawanan memerangi wabah COVID-19.

Terkait koordinasi antar medan pencegahan dan pengobatan, buku putih itu mengatakan, Tiongkok menjalankan protokol kesehatan yang paling tuntas dan paling ketat, melakukan karantina besar- besaran yang tiada taranya dalam sejarah dan memusatkan tenaga medis seluruh negeri, memberikan layanan medis kepada setiap orang terjangkit dan pasien COVID-19, mewujudkan “menerima tuntas, mengobati tuntas, memeriksa tuntas dan mengisolasi tuntas”.

Buku putih itu menekankan, di depan serangan virus misterius, pemerintah Tiongkok menomorsatukan jiwa rakyat, segera memobilisasi kekuatan dan sumber daya seluruh negeri untuk menyelamatkan dan melindungi jiwa rakyat tanpa peduli bayar berapa mahalnya. Rakyat Tiongkok yang berpopulasi 1,4 miliar bersatu padu, bahu membahu, membentuk garis defensif yang kuat untuk melawan wabah, hal ini memperlihatkan kekuatan rakyat Tiongkok yang luar biasa.

Buku putih itu mengatakan, melalui upaya susah payah dan korban yang besar, dalam waktu sekitar satu bulan, Tiongkok sukses menghentikan penyebaran wabah, dalam waktu sekitar dua bulan, penambahan pasien COVID-19 per hari dikendalikan ke satu digit, dan dalam waktu sekitar 3 bulan mencapai kemenangan perlawanan untuk melindungi Wuhan dan melindungi Provinsi Hubei, dengan demikian, pertempuran pencegahan wabah COVID-19 di Tiongkok mencapai hasil strategis yang besar.

Buku putih itu menunjukkan, dengan menganut teori komunitas senasib umat manusia dan memikul tanggung jawab sebagai negara besar, Tiongkok secara bahu membahu dan bergotong-royong dengan negara lain untuk menanggulangi wabah. Berdasarkan sikap tanggung jawab yang transparan dan terbuka, pada waktu pertama Tiongkok berbagi informasi keadaan wabah,pengalaman pencegahan dan pengobatan kepada komunitas internasional. Tiongkok juga menyatakan rasa simpati atas penderitaan yang dialami rakyat seluruh dunia dan berupaya memberikan bantuan kemanusiaan kepada komunitas internasional untuk memerangi wabah COVID-19.

Buku putih itu menunjukkan, solidaritas dan kerja sama merupakan senjata mutakhir untuk mengalahkan wabah, negara-negara dunia hendaknya mempertimbangkan perkembangan manusia dan generasi turun temurun, di atas dasar teori komunitas senasib manusia, bersatu padu, bahu membahu untuk memerangi wabah, bersama-sama membentuk komunitas senasib kesehatan umat manusia.

favorite 1 likes

question_answer 0 Updates

visibility 192 Views

Update
No Update Available
Related News
WawancaraeEksklusif Presiden Sierra Leone Julius Maada Bio oleh CMG
Xi Jinping berharap para anggota MPPR aktif berikan masukan untuk dorong pembangunan modernisasi ala Tiongkok
Xi Jinping tulis mukadimah untuk buku pelajaran kursus pelatihan kader seluruh Tiongkok kelompok ke-6
×