Selasa, 30 Juni 2020 19:40

Peringati Hari Bhayangkara ke -74, Polresta Cirebon berikan SIM D gratis untuk difabel

Peristiwa

Mira (39), sumringah saat mendapatkan surat izin mengemudi (SIM) D gratis dari Satuan Lantas Polresta Cirebon. SIM D merupakan SIM khusus bagi difabel.

Mira datang ke Polresta Cirebon dengan sepeda motornya yang sudah dimodifikasi. Motor bebek milik Mira dimodifikasi, disesuaikan dengan kondisi fisiknya. Motornya beroda tiga. Selain itu, Mira juga memodifikasi pedal untuk oper gigi menggunakan tuas.

Secara otomatis, pengoperasian sepeda motor milik Mira terfokus menggunakan tangan. Sebab, kaki Mira lumpuh sejak usia dini. Pria asal Desa Cengkung, Kecamatan Palimanan, Kabupaten Cirebon itu menggunakan alat bantu untuk berjalan.

"Alhamdulillah senang bisa punya SIM. Kondisi seperti ini sejak kecil, sejak usia pas mau belajar berjalan," kata Mira saat berbincang dengan Wartawan di Mapolresta Cirebon, Jalan Raden Dewi Sartika Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Selasa (30/6).

Mira tercatat sebagai atlet angkat berat Kabupaten Cirebon. Ia masih aktif mengikuti Pekan Paralimpik Daerah (Peparda). Bahkan, Mira sempat meraih perak saat tampil di Paperda Bekasi tahun 2014 silam

"Sekarang lagi persiapan buat Paperda di Bogor. Terakhir meraih medali itu waktu di Bekasi, juara dua," katanya.

Mira berharap bisa memotivasi teman-temannya untuk mengajukan SIM D. Sebab, semua warga negara mendapatkan hak yang sama untuk bisa berkendara.

Di tempat yang sama, Kapolresta Cirebon Kombes Pol M Syahduddi menyampaikan sebanyak enam orang difabel yang mendapatkan SIM D gratis. Pembagian SIM gratis tersebut merupakan rangkaian peringatan Hari Bhayangkara ke-74.

"Hari ini kita bagikan SIM gratis untuk enam orang. Mereka mengikuti proses uji SIM, teori dan praktik. Semuanya lulus, minimalnya penglihatan dan pendengaran normal," ucap Kapolresta Cirebon.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 16 Views

Update
No Update Available
Related News
Wakapolres Indramayu pimpin patroli skala besar cegah COVID-19
Cegah COVID-19, Tiga Pilar Anjatan, Indramayu bersih-bersih tempat ibadah
Kabid Humas Polda Jabar: Cegah gangguan Kamtibmas di tengah pandemi, Sat Brimob Polda Jabar gelar patroli malam
×