Kamis, 02 Juli 2020 19:46

Pos TNI AL Torobulu Lanal Kendari Lantamal VI berhasil gagalkan upaya penyelundupan motor hasil curanmor

Kriminalitas

Jajaran Lantamal VI Pos TNI AL (Posal) Torobulu yang merupakan Pos TNI Angkatan Laut di bawah Pangkalan TNI AL (Lanal) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), berhasil menggagalkan upaya penyelundupan motor hasil curanmor dengan inisial FK (16), Kamis (02/07/2020).

Penangkapan tersebut merupakan tindak lanjut dari Posal Torobulu yang menerima banyak laporan dari warga bahwa Pelabuhan Ferry Torobulu sering dilewati oleh para pelaku curanmor untuk menyelundupkan barang hasil curian ke daerah Raha di Pulau Muna.

Mendapati laporan tersebut, Komandan Posal Torobulu Letda Laut (T) Dadang Nur Wahyudi memerintahkan Babinpotmar Posal Torobulu untuk melaksanakan pengecekan terhadap kendaraan yang keluar masuk melewati Pelabuhan Ferry Torobulu.

“Kegiatan tersebut ternyata membuahkan hasil, dimana pada Hari Senin, 29 Juni 2020 pukul 21.30, pada saat proses muat di kapal ferry penyeberangan Torobulu - Tampo ditemukan satu orang pengendara motor dengan gerak gerik mencurigakan. Babinpotmar Posal Torobulu Serka Mar Hasrin langsung mendatangi pengendara tersebut dan mengecek kelengkapan surat kelengkapan motor tersebut. Setelah pengendara tersebut tidak dapat menunjukan surat kelengkapan motor dan keterangan yang berbelit-belit akhirnya pengendara tersebut dibawa ke Posal Torobulu untuk dimintai keterangan lebih lanjut dan akhirnya FK mengaku bahwa motor tersebut merupakan motor hasil curian dengan TKP di Kantor Kelurahan Lalolama dan rencana akan diselundupkan ke Raha," ungkap Danposal Torobulu.

Selanjutnya, mendapati laporan tersebut Danposal Torobulu berkoordinasi dengan KP3 Torobulu dan Polsek Lainea untuk menyerahkan pelaku dan barang bukti motor curian berupa motor Yamaha Mio MJ dengan nopol DT.5711 QF untuk proses penyelidikan lebih lanjut.

Di tempat terpisah, Danlanal Kendari Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia, S.Sos, mengapresiasi kinerja Babinpotmar Posal Torobulu tersebut.

"Upaya penggagalan penyelundupan motor curian tersebut merupakan bukti bahwa Posal-posal di bawah jajaran Lanal Kendari aktif turut serta bersinergi dengan aparat pemerintah lain dalam menjaga dan menghadirkan rasa aman di wilayah kerjanya sesuai arahan Panglima Koarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto,” katanya.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada anggota Posal Torobulu yang berhasil menggagalkan upaya tersebut disaat menjelang HUT Bhayangkara ke 74 dan merupakan kado manis dari Posal di jajaran Lanal Kendari yang akan terus bersinergi dengan Polri untuk menghadirkan rasa aman dan kondusifitas," ujar Danlanal Kendari.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 77 Views

Update
No Update Available
Related News
Polisi berhasil amankan seorang pria penganiaya anak di bawah umur
Seorang pria ditemukan tewas tergorok di dalam mobilnya, di Cidahu, Kuningan Jawa Barat
Satreskrim Polres Metro Depok merilis tertangkapnya pelaku curanmor di kota Depok
×