Rabu, 05 Agustus 2020 00:22

Pengembangan ekonomi “Siklus Ganda” Tiongkok untuk tanggapi argumen “Pelepasan Keterkaitan”

Luar Negeri

Sebuah Kuesioner dari Kementerian Perdagangan Tiongkok menunjukkan, 99,1 persen perusahaan modal asing menyatakan akan terus berinvestasi di Tiongkok. Itu tidak hanya karena keuletan dan potensi ekonomi Tiongkok, juga karena ekonomi Tiongkok yang terus memperluas ruang pertumbuhan baru itu telah membangkitkan keyakinan global.

Sidang Politbiro Komite Sentral Partrai Komunis Tiongkok (PKT) baru-baru ini menekankan, banyak kesulitan yang dihadapi Tiongkok adalah masalah jangka menengah dan panjang, harus dipahami sebagai “perang yang berkepanjangan”, dipercepat pembentukan pola pengembangan baru yang menjadikan siklus besar domestik sebagai utamanya serta dengan siklus ganda dalam dan luar negeri yang saling mendukung. Dengan demikian, “Siklus ganda” sekarang telah menjadi kata popular ekonomi Tiongkok, dan menyediakan panduan strategis untuk pertumbuhan ekonomi Tiongkok, juga akan membantu pembukaan ruang pertumbuhan yang lebih besar di Tiongkok.

Di antaranya, “menjadikan siklus besar domestik sebagai utamanya” berarti “tidak tunggu dan tidak mengandalkan orang lain”, lebih bertolak dari negara sendiri, memperluas kebutuhan domestik, melaksanakan tugas diri sendiri. Pastilah, itu bukan berarti menutup pintu, melainkan mengembangkan potensi kebutuhan domestik, agar diwujudkannya konestivitas pasar domestik dan internasional, sehingga dengan lebih baik memanfaatikan dua pasar dan dua sumber daya dalam dan luar negeri. Mewujudkan “saling dukungan antara siklus ganda dalam dan luar negeri” tidak hanya akan mendorong ekonomi tipe terbuka Tiongkok ke arah yang lebih berkualitas, dan juga akan menstabilkan rantai industri dan rantai pasokan global, sehingga membawakan lebih banyak keuntungan ke ekonomi dunia.

Di bawah latar belakang pandemi COVID-19 sangat menghalangi pertumbuhan ekonomi dunia, ekonomi Tiongkok yang mewujudkan “saling dukungan antara siklus ganda” itu telah menjadi warna terang, akan membalas kuat argumen salah yang digembar-gemborkan sejumlah politikus Amerika Serikat (AS) tentang “perusahaan modal asing mundur dari pasar Tiongkok” atau “pelepasan keterkaitan dengan ekonomi Tiongkok” itu, telah menginjeksi keyakinan dan dinamika kepada ekonomi dunia yang banyak mengalami kesulitan dan perusahaan modal asing yang sedang berjuang jerih paya itu.

Pada periode ini dan ke depan, pembangunan Tiongkok telap berada pada periode peluang strategis, dan peluang dan tantangan akan mengalami perkembangan dan perubahan baru. Pada periode berikutnya, Tiongkok akan dengan lebih baik mengkoordinasi penanggulangan wabah dengan perkembangan ekonomi dan sosial, berani maju dan berupaya menyelesaikan target pertumbuhan ekonomi dan sosial tahun ini, membantu pemulihan ekonomi dunia, serta mendorong globalisasi maju ke bidang yang lebih mendalam.

favorite 1 likes

question_answer 0 Updates

visibility 54 Views

Update
No Update Available
Related News
WawancaraeEksklusif Presiden Sierra Leone Julius Maada Bio oleh CMG
Xi Jinping berharap para anggota MPPR aktif berikan masukan untuk dorong pembangunan modernisasi ala Tiongkok
Xi Jinping tulis mukadimah untuk buku pelajaran kursus pelatihan kader seluruh Tiongkok kelompok ke-6
×