Rabu, 12 Agustus 2020 22:43

Masyarakat sejahtera yang moderat

Luar Negeri

Bagi semua warga negara Tiongkok, tahun 2020 adalah tahun yang bermakna istimewa. Keistimewaan tahun ini berasal dari satu kata bahasa Tionghoa yang memuat harapan Bangsa Tionghoa selama ribuan tahun dan akan menyaksikan komitmen kebahagiaan Partai Komunis Tiongkok (PKT) kepada segenap warga negara Tiongkok.

Serial Bahasa Tionghoa: Masyarakat Sejahtera yang Moderat Tahun ini memiliki makna istimewa oleh karena satu kata yang berkaitan dengan kebahagiaan.

Silaturahmi Tahun Baru Imlek diadakan di Balai Agung Rakyat di Beijing Pada tanggal 23 Januari. Presiden Tiongkok Xi Jinping di depan acara itu mengatakan, “Tahun ini, kami harus menyelesaikan tugas untuk merampungkan masyarakat sejahtera yang moderat dan mengentaskan kemiskinan, mencapai target perjuangan “seratus tahun yang pertama”, merealisasi impian ribuan tahun bangsa Tionghoa terhadap kesejahteraan yang tercatat dalam Kitab Syair. Hal itu berarti tonggak sejarah dalam proses sejarah kebangkitan bangsa Tionghoa.”

Komentator Khusus China Media Group Yang Yu mengatakan, dalam buku Kitab Syair yang disusun pada 2000 tahun yang lalu, orang Tiongkok sudah mulai menggunakan kata “kesejahteraan moderat” untuk melukiskan harapan sederhana mereka atas kehidupan yang berkecukupan dan damai. Bahkan pada 100 tahun yang lalu, masyarakat sejahtera yang moderat masih merupakan impian yang sulit diwujudkan bagi orang Tiongkok. Nah, komunis Tiongkok menggunakan Kesejahteraan Moderat untuk mewakili target modernisasi zaman ini. Kata itu pasti akan memperoleh empati dan dukungan orang Tiongkok, dan juga sesuai dengan keadaan Tiongkok.

Masyarakat sejahtera moderat komprehensif masa kini meliputi sebuah sistem target multi bidang, antara lain, ekonomi yang semakin berkembang, demokrasi yang semakin sempurna, pendidikan dan ilmu pengetahuan yang semakin maju, kebudayaan yang semakin makmur, masyarakat yang semakin harmonis, kehidupan rakyat yang semakin sejahtera dan ekosistem yang semakin ramah lingkungan. Pastilah ada indeks absolut, misalnya pengentasan kemiskinan, tapi juga ada indeks relatif, misalnya perbaikan terus lingkungannya.

favorite 1 likes

question_answer 0 Updates

visibility 209 Views

Update
No Update Available
Related News
Tarik Jepang untuk bergabung, AUKUS tambah kesalahan yang telah dibuatnya
Xi Jinping temui Ma Ying-jeou beserta delegasinya
Xi Jinping: Bangsa Tionghoa telah menulis sejarah yang tak terpisahkan dari kedua tepi Selat Taiwan di sepanjang perjalanannya
×