Rabu, 09 September 2020 22:31

Kementerian Kebudayaan Meksiko dan Provinsi Jateng bahas kerja sama budaya

Kebudayaan

Kementerian Kebudayaan Meksiko (Cultura) dan Provinsi Jawa Tengah bahas kesepakatan kerjasama budaya antara Indonesia dan Meksiko. Kerjasama budaya ini disepakati dalam sebuah webinar yang diselenggarakan oleh KBRI Mexico City pada 7 September 2020 dengan tajuk “Descubre Java Central: Explorar la Potencia de Cooperación Cultural entre Indonesia y México (Discover Jawa Tengah: Menggali Potensi Kerjasama Budaya antara Indonesia dan Mexico)", dengan narasumber Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah dan Pablo Raphael de la Madrid, Dirjen Promosi dan Festival-festival Kebudayaan, Kementerian Kebudayaan Meksiko (Cultura).

Pablo Raphael de la Madrid memberikan gagasan-gagasan kerjasama untuk memajukan kebudayaan kedua negara. Ia mengundang Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia untuk hadir dalam forum ekonomi kreatif Meksiko yang akan diselenggarakan bulan Oktober 2020, mengundang Indonesia dalam cultural week di Los Pinos, hingga mengupayakan Indonesia agar menjadi guest host dalam festival Cervantino. Di samping itu ia juga menyampaikan keinginannya untuk mengadakan joint research terkait kemiripan budaya Indonesia dan Meksiko, mempertemukan ara pelaku seni wayang dan pengrajin di Indonesia dan Meksiko, hingga kerja sama penerjemahan bahan-bahan pendukung pengenalan budaya kedua negara. Cultura mengharapkan agar kerjasama-kerjasama dimaksud dapat dipersiapkan untuk merayakan hubungan diplomatik ke-70 antara Indonesia dan Meksiko pada tahun 2023.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menanggapi secara positif gagasan-gagasan tersebut. Ganjar juga menambahkan gagasan-gagasan kerjasamanya yang dapat dilakukan dengan Meksiko. Gagasan yang disampaikan adalah pertunjukan bersama Sendratari Indonesia-Meksiko di dataran tinggi Dieng, mengundang Meksiko dalam Central Java Business Forum yang diselenggarakan setiap tahun, kerjasama mengembangkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) terutama dalam situasi pandemi, dan membuka kerjasama pendidikan antar universitas di Meksiko dan Indonesia.

Webinar yang diikuti oleh kurang lebih 70 peserta ini diselenggarakan dalam rangka menghormati peringatan hari kemerdekaan Meksiko ke 210 tahun. “Saya berharap webinar ini dapat menjadi jembatan bagi terbentuknya kerjasama yang konkret di bidang kebudayaan antara Indonesia dan Meksiko dalam menyemarakkan perayaan Kemerdekaan Meksiko ke-210," ungkap Duta Besar Indonesia, untuk Meksiko Cheppy T.

Wartono dalam sambutan pembukanya. Sementara itu, Duta Besar Meksiko untuk Indonesia, Armando Alvarez menyampaikan bahwa kemiripan dalam berbagai aspek antara Indonesia dan Meksiko dapat menjadi modal bagi kedua negara untuk meningkatkan kerjasama kedua negara.

favorite 3 likes

question_answer 0 Updates

visibility 709 Views

Update
No Update Available
Related News
Xi Jinping instruksikan agar Hunan laksanakan “dua integrasi”
Kegiatan Pertukaran Pemuda Tiongkok - AS digelar di Beijing
Film Trailer Gala Imlek CMG ditayangkan di Festival Tinju Thai Internasional Tahun 2024
×