Jumat, 11 September 2020 14:14

Presiden Jokowi titip pesan pada Dies Natalis ke-63 Unpad

Pendidikan

Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan selamat atas Dies Natalis ke-63 Universitas Padjadjaran. Ucapan selamat disampaikan secara virtual yang ditayangkan dalam Upacara Dies Natalis ke-63 Unpad, Jumat (11/9).

“Selamat ulang tahun ke-63 kepada seluruh sivitas akademik Unpad dan kepada keluarga besar alumni Unpad,” ujar Jokowi.

Di usianya yang ke-63 tahun, Unpad sudah banyak memberikan kontribusi besar dalam perjalanan Indonesia. Jokowi mengatakan, Unpad melahirkan banyak tokoh yang hebat yang berkontribusi dalam kemajuan bangsa.

“Prof. Iwa Koesoemasoemantri (Rektor pertama Unpad) tokoh perjuangan kemerdekaan Indonesia yang beberapa kali dipercaya menjadi anggota kabinet di era Presiden Soekarno, Prof. Mochtar Kusumaatmadja diplomat hebat, dan masih banyak ratusan alumni hebat lainnya dengan nama besar di tingkat nasional dan internasional dari Unpad,” kata Jokowi.

Kehebatan para senior tersebut harus memberikan inspirasi untuk menghadapi masa depan. Karena itu, Jokowi meminta seluruh keluarga besar Unpad untuk mempersiapkan diri dengan baik, meluaskan pandangan, dan beradaptasi dengan cepat agar bisa menjadi bagian dan unggul dalam persaingan.

Kesiapan diri tersebut saat ini dibutuhkan di tengah pandemi COVID-19 yang masih melanda Indonesia. Jokowi mengatakan, 215 negara di dunia saat ini menghadapi permasalahan kesehatan dan ekonomi yang sangat rumit.

“Permasalahan extraordinary harus dihadapi dengan strategi extraordinary,” imbuh Jokowi.

Jokowi melanjutkan, standar normalitas telah berubah. Bukan hanya normalitas terkait kesehatan, tetapi juga menyangkut budaya kerja dan cara kerja. Untuk itu, perguruan tinggi juga dituntut menerapkan standar normalitas baru.

Standar normalitas baru tersebut harus dirumuskan dalam berbagai kebijakan di perguruan tinggi. Di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat juga harus merumuskan berbagai standar normalitas baru.

“Kita tidak boleh terjebak dalam rutinitas, kita harus punya waktu, energi, dan keberanian untuk melakukan perubahan. Kita harus terus menerus kembangkan inovasi, ilmu pengetahuan, dan teknologi,” kata Jokowi.

Berbekal nama besar, kemampuan, dan jejaring yang kuat, Unpad punya potensi besar untuk melakukan banyak inovasi riset dalam pengembangan iptek, serta melakukan inovasi pendidikan yang mampu menghasilkan SDM unggul.

“Semoga pada usia 63 tahun, Unpad semakin berkontribusi untuk Indonesia maju,” pesan Jokowi.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 75 Views

Update
No Update Available
Related News
Ringankan beban orang tua siswa, Satpolair Polres Indramayu sediakan WiFi gratis
Bangun SDM unggul, perluas akses pendidikan tinggi dengan e-learning
Kenalkan kampus, ITS tantang mahasiswa baru lewat Minecraft
×