Jumat, 25 September 2020 10:27

Wajib tahu, ini manfaat renang bagi kesehatan tubuh kamu

Kesehatan

Bukan hanya sekadar olahraga, ada segudang manfaat yang kamu dapat dari renang, lho. Hal ini karena seluruh tubuh kamu, terutama kardiovaskular, dipompa untuk terus aktif selama kamu berolahraga.

Dengan melakukan renang selama satu jam, kalori yang kamu bakar sama banyaknya dengan kalori yang terbakar saat kamu lari.

Nah, untuk lebih memahami manfaat renang, simak informasi yang dirangkum dari berbagai sumber berikut ini:
- Menggerakan seluruh bagian tubuh
- Seluruh tubuh kamu aktif saat berenang.
- Dari kepala hingga ujung kaki, seluruh otot yang kamu miliki akan bergerak saat kamu berenang. Manfaatnya adalah:
Meningkatkan detak jantung tanpa harus menekan tubuh.
Menyehatkan otot.
Membangun daya tahan tubuh.
Meningkatkan tenaga.

Pada saat berenang, usahakan gaya berikut ini juga lakukan di samping gerakan renang biasa:
- Gaya dada.
- Gaya punggung.
- Gaya samping.
- Gaya kupu-kupu.
- Gaya bebas.

Dengan menerapkan gaya tersebut, maka kamu ikut melatih semua otot kamu, karena masing-masing gaya memiliki fokus otot berbeda.

- Melatih organ dalam
Tidak hanya otot di luar tubuh, otot bagian dalam pun ikut dipompa saat kamu berenang, khususnya sistem kardiovaskular. Dengan berenang, jantung dan paru-paru kamu akan menjadi sehat dan kuat.

Berenang bahkan dapat mengurangi risiko kematian. Jika dibandingkan dengan orang-orang kurang aktif, perenang memiliki setengah risiko kematian.

Sebuah penelitian di Tiongkok menyebutkan jika berenang dapat menurunkan tekanan darah. Sementara penelitian lainnya yang dilakukan pada 2016 lalu menyebut renang dapat mengontrol gula darah.

- Mengurangi nyeri radang sendi

- Renang dapat menjadi olahraga aman dan tepat jika kamu mengalami:
Radang sendi.
Cedera.
Disabilitas.
Kondisi lain yang membuat kamu tidak bisa melakukan olahraga berat.

Berenang dapat menurunkan nyeri dan bahkan mempercepat penyembuhan cedera kamu. Sebuah kajian yang dipublikasi pada 2016 lalu menyebut berenang dan bersepeda dapat mengurangi nyeri sendi dan kekakuan yang dialami penderita osteoarthritis.

- Baik bagi pengidap asma
Jika kamu mengidap asma, cobalah untuk berenang.
Lingkungan lembap di kolam membuat olahraga renang sebagai aktivitas yang baik jika kamu memiliki asma.

Sebuah penelitian di B.J. Medical College, India, menyebut olahraga renang dan lari dapat membuat kamu memperluas kapasitas paru-paru dan mengontrol pernapasan dengan baik.

Meskipun demikian, sebuah studi yang dilakukan pada 2010 lalu menilai ada risiko peningkatan asma jika kamu berenang di air dengan klorin. Oleh karena itu, sangat disarankan agar penderita asma memilih kolam dengan air asin.

- Manfaat bagi penderita sklerosis ganda
Renang akan memberikan manfaat khusus bagi orang dengan penyakit multiple sclerosis atau sklerosis ganda. Lengan dan kaki akan diapungkan dan air juga akan memberikan daya tahan lembut bagi tubuh.

Penelitian yang dilakukan di Spanyol menunjukan adanya penurunan signifikan terhadap nyeri penderita sklerosis ganda dalam program renang yang dilakukan selama 20 minggu.

Mereka yang diteliti juga menunjukan perkembangan dalam mengatasi gejala seperti kelelahan, depresi dan disabilitas setelah mengikuti program renang tersebut.

- Efektif bakar kalori
Renang menjadi olahraga yang efisien jika kamu ingin membakar kalori. Orang dengan berat 72 Kg dapat membakar 423 kalori per jam saat berenang dengan kecepatan rendah dan sedang.

Sedangkan jika menggunakan kecepatan lebih tinggi, orang dengan berat yang sama dapat membakar 715 kalori dalam sejam.

Untuk orang dengan berat 90 Kg yang melakukan kegiatan serupa kalori yang terbakar mencapai 528 dan 892 dalam sejam. Sedangkan pada orang dengan berat 108 Kg, kalori yang terbakar adalah 632 dan 1.068 dalam sejam.

- Melepas stres
Berenang dapat membuat stres kamu berkurang.
Renang dapat menjadi cara efektif dan menyenangkan untuk mengurangi stres. Melakukan kontak dengan air dapat membuat tubuh dan jiwa kamu terasa lebih rileks.

Meskipun baru ada studi terhadap tikus untuk membuktikan hal ini, tapi kemungkinan untuk meringankan stres dengan berenang dapat dirasakan.

Sumber : gooddoctor.co,id

favorite 1 likes

question_answer 0 Updates

visibility 59 Views

Update
No Update Available
Related News
Upayakan bebas kaki gajah, Puskesmas Guntur gelar BELKAGA, minum obat kaki gajah bersama
10 akseptor ikuti pelayanan KB MKJP TMKK Tahun 2020 Koramil 09/Wedung
Babinsa Kelurahan Pulasaren bantu pelaksanaan BIAS
×