Minggu, 27 September 2020 22:50

#PressRelease : Kampung Berseri Astra gerakan ekonomi masyarakat dengan mengolah sampah plastik

Press Release

JAKARTA: Berserakan dan tidak bernilai. Sampah plastik banyak kita jumpai di berbagai tempat di sekitar kita, tetapi dibiarkan begitu saja. Namun, bagi salah satu kelurahan di Kota Mataram, tumpukan sampah plastik adalah aset berharga, terutama dalam segi ekonomi.

Melalui program bank sampah di Kampung Berseri Astra (KBA) Dasan Cermen, Mataram, sampah plastik dapat dikonversikan menjadi uang yang dapat digunakan untuk menambah penghasilan masyarakat di sana.

KBA Dasan Cermen merupakan salah satu kampung di Kota Mataram yang memiliki depo sampah, TPS 3R (reduce, reuse, recycle), serta pengurus yang aktif melayani dan melakukan pendampingan kepada masyarakat untuk program bank sampah sampai saat ini.

“Program bank sampah sejalan dengan gerakan Semangat Kurangi Plastik yang diinisiasi oleh Astra agar masyarakat peduli terhadap lingkungan sekitar, terutama dalam mengolah dan memperdayakan kembali penggunaan sampah plastik,” tutur ibu lurah sekaligus tokoh penggerak KBA Dasan Cermen Henny Suyasih.

KBA Dasan Cermen merupakan satu dari 22 KBA yang ada di seluruh Indonesia yang menerapkan gerakan Semangat Kurangi Plastik, sebuah program kontribusi sosial berkelanjutan Astra yang bertujuan mengurangi sampah plastik sekali pakai. Program ini diluncurkan Astra pada Februari 2020.

Tercatat hingga saat ini sekitar 70 orang menjadi nasabah bank sampah di KBA Dasan Cermen dengan total keseluruhan kas dari kegiatan bank sampah mencapai Rp20 juta.

Adanya program bank sampah ini cukup membantu perekonomian masyarakat sekitar. Beberapa nasabah memanfaatkan tabungan tersebut untuk keperluan pendidikan anak, pembangunan atau renovasi rumah serta keperluan mendesak lainnya.
“Program ini sudah berjalan sesuai dengan tujuannya. Dengan adanya bank sampah yang seiring dengan gerakan Semangat Kurangi Plastik, masyarakat sekitar sudah mulai memahami dampak circular economy dari sampah plastik,” ungkap local champion KBA Dasan Cermen selama 7 tahun itu.

Beberapa masyarakat tergerak untuk membentuk kelompok usaha. Mereka melihat adanya nilai ekonomis dari sebuah sampah yang telah disetorkan ke bank sampah yaitu menjadi sebuah produk tas belanja, suvenir, hiasan bunga dan beberapa produk kerajinan lainnya.



Foto 1

Wali Kota Mataram Ahyar Abduh (kiri) menyerahkan plakat juara lomba kampung sehat nurut tatanan baru tingkat Kecamatan Kota Mataram kepada tokoh penggerak Kampung Berseri Astra (KBA) Dasan Cermen Henny Suyasih (kanan) pada hari Jumat (25/9).



Foto 2

Area bank sampah KBA Dasan Cermen.



Foto 3

Hiasan bunga dari sampah plastik sekali pakai hasil karya kelompok usaha KBA Dasan Cermen.



Foto 4

Produk unggul KBA Pasirluyu keripik pisang La Banene yang diolah langsung oleh warga sekitar.

favorite 2 likes

question_answer 0 Updates

visibility 386 Views

Update
No Update Available
Related News
Diskual adakan Rekonsiliasi Internal Penyelesaian Migrasi Data semester I TA 2022 di lingkungan TNI AL UO TNI AL di Lantamal VI
Wakil Komandan Lantamal VI lepas Calon Taruna AAL TA. 2022
Meriahkan HUT Ke-72 tahun 2022, Lantamal VI adakan senam aerobik dan fun games
×