Rabu, 30 September 2020 09:27

Vaksin buatan Tiongkok yang aman dan efektif sebagai produk publik bantu dunia tanggulangi kesulitan

Covid-19

Pandemi Covid-19 sejauh ini kembali memburuk di banyak negara, sehingga mempengaruhi perkembangan ekonomi dan sosial dunia, penelitian vaksin telah menjadi hal yang sangat diperhatikan masyarakat internasional. Jumlah vaksin dan kecepatan penelitian vaksin buatan Tiongkok berada di barisan depan dunia. Keamanan dan kefektifan vaksin buatan Tiongkok telah dibuktikan dalam ujicoba klinis.

Sejak wabah merebak, Tiongkok segera membentuk tim periset untuk memulai penelitian vaksin virus corona. Data WHO menunjukkan, di antara 182 kandidat vaksin virus corona, terdapat 36 jenis vaksin sudah dimulai ujicoba klinis, 146 jenis vaksin masih berada dalam tahap persiapan. Di antara 25 vaksin buatan Tiongkok, terdapat 11 jenis vaksin dimulai ujicoba klinis, 4 jenis vaksin dimulai ujicoba fase ketiga, menduduki 40 persen ujicoba vaksin di seluruh dunia.

Penelitian vaksin Tiongkok memang sangat cepat, tapi tidak pernah menghematkan proses apapun. Tiongkok berkeyakinan penuh terhadap keamanan vaksin, dan berharapan besar terhadap keefektifan vaksin.

Hasil tahap awal dalam penelitian klinis vaksin buatan Tiongkok telah dirilis di Jurnal Lancet, hasil ujicoba vaksin buatan Tiongkok terhadap hewan juga dirilis di berbagai jurnal kedokteran terkenal dunia, ternyata vaksin buatan Tiongkok sangat aman dan efektif. Tanggal 22 Juli yang lalu, Tiongkok secara darurat meresmikan penyuntikan vaksin terhadap kelompok orang yang bekerja di daerah yang beresiko tinggi tertular virus corona. Di antara orang yang disuntik vaksin itu tidak ada seorang pun terinfeksi virus corona, hal itu juga membuktikan keefektifan vaksin buatan Tiongkok.

Tiongkok aktif membagikan hasil penelitian vaksin dengan seluruh dunia, dan menjalankan kerjasama dengan 40 lebih negara, sejauh ini uji coba klinis fase ketiga sudah dilakukan di Indonesia, Uni Emirat Arab, Rusia, Bangladesh. Puluhan ribu orang sudah disuntik vaksin secara ujicoba. Tingkat keamanan vaksin cukup bagus.

Sementara itu, Tiongkok sedang mempercepat pembangunan kapasitas, diprakirakan sampai akhir tahun ini jumlah produk vaksin buatan Tiongkok akan mencapai 610 juta dosis, jumlah ini akan mencapai 1 miliar pada tahun depan. Hal ini merupakan dukungan kuat bagi pelaksanaan komitmen pemimpin Tiongkok di depan Konferensi ke-73 WHO, yaitu “Vaksin buatan Tiongkok akan ditawarkan sebagai produk publik global untuk seluruh dunia.”

favorite 2 likes

question_answer 0 Updates

visibility 90 Views

Update
No Update Available
Related News
Bhabinkamtibmas Polsek Dawuan terus lakukan sosialisasi 3M pada warga binaan patuhi protokol kesehatan
Kabid Humas Polda Jabar: Operasi Yustisi dengan sistem stasioner di wilayah hukum Polres Cimahi
Cegah penularan Covid-19, Bhabinkamtibmas Polsek Cikijing sambangi warga berikan imbauan dan sosialiasikan 3M
×