Kamis, 15 Oktober 2020 09:10

`Keajaiban Shenzhen` dicapai dengan semangat `Berani, Inovatif dan Pragmatis`

Luar Negeri

Pada tanggal 14 Oktober, perayaan genap 40 tahun pembentukan Zona Ekonomi Khusus Shenzhen digelar. Pembentukan Zona Ekonomi Khusus adalah miniatur reformasi dan keterbukaan Tiongkok, dan selama 40 tahun ini warga kota Shenzhen sejumlah sepuluh juta lebih berhasil membangun sebuah desa nelayan menjadi kota metropolitian yang terkenal di dunia dengan mengandalkan semangat “Berani, Inovatif dan Pragmatis”.

Kini, Shenzhen mulai berkembang kembali dan diharapkan mencapai keajaiban Shenzhen yang baru dengan terus mengembangkan semangat tersebut.

Dalam acara perayaan, Presiden Tiongkok Xi Jinping menyampaikan pidato penting. Pada bagian terakhir pidatonya, Presiden Xi Jinping mengatakan bahwa perubahaan besar Shenzhen adalah hasil perjuangan pembangun zona ekonomi khusus secara turun-temurun. Pada titik tolak yang baru, pemerintah Shenzhen dan warga Shenzhen hendaknya dengan teguh tak tergoyahkan melaksanakan kebijakan pemerintah pusat Tiongkok, mempertahankan semangat yang berani mengadakan uji-coba, dengan inovatif melakukan berbagai pekerjaan agar menulis lebih banyak “kisah musim semi”, berupaya mencapai keajaiban baru yang lebih besar. Ini adalah harapan Presiden Xi terhadap Shenzhen dan juga kesimpulana akan prestasi yang tercapai Shenzhen selama 40 tahun ini.

Memang, 40 tahun yanglalu, yaitu pada Agusutus 1980, pemerintah Tiongkok mengesahkan pembentukan empat zona ekonomi khusus antara lain Shenzhen, Zhuhai, Shantou dan Xiamen. Meskipun pemerintah pusat Tiongkok telah memberikan kebijakan preferensial, tapi bagaimana pengembangannya tiada pengalaman yang dapat dicontohi. Tanpa semangat berani, mana mungkin ada berbagai ide baru dan inovasi baru? Mana mungkin begitu banyak orang muda datang ke Shenzhen dan menetap di Shenzhen untuk merintis usaha. Tentu saja, prestasi yang dicapai Shenzhen tidak saja mengandalkan keberanian, juga pekerjaan yang sungguh-sungguh dan inovasi iptek yang aktif.

Perayaan 40 tahun pembentukan zona ekonomi khusus Shenzhen bertujuan untuk menyimpulkan pengalaman pembangunan zona ekonomi khusus, dan mendorong reformasi dan keterbukaan pada titik tolak yang lebih tinggi, agar seluruh masyarakat Tiongkok bersatu padu dan berjuang terus demi mewujudkan modernisasi sosialisme dan target perjuangan 100 tahun kedua. Untuk mewujudkan target tersebut, semangat tersebut harus terus dikembangkan demi mencapai keajaiban Shenzhen yang baru.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 134 Views

Update
No Update Available
Related News
Tiongkok yang terbuka terus perluas jaringan pertemanan
44 tahun ke depan, manusia akan ambil sampel dari bulan dengan Wahana Chang’e-5
44 tahun ke depan, manusia akan ambil sampel dari bulan dengan Wahana Chang’e-5
×