Jumat, 16 Oktober 2020 10:35

Ciptakan ‘Keajaiban Shenzhen’ yang lebih besar dengan andalan inovasi

Luar Negeri

Dalam Perayaan Genap 40 Tahun Zona Ekonomi Khusus Shenzhen pada hari Rabu (14/10), Persiden Tiongkok Xi Jinping mengambil kesimpulan tentang 10 pengalaman berharga pembangunan Zona Ekonomi Khusus Shenzhen, dan salah satunya ialah “mempertahankan inovasi sebagai tenaga pendorong pertama, mengupayakan inisiatif dalam revolusi iptek dan transformasi industrial global.” Dari suatu kota kecil di perbatasan menjadi kota iptek sekarang, Shenzhen menciptakan perkembangan lompatan dengan selalu mengandalkan inovasi.

Pada awal pembentukan Kota Shenzhen, dapat dikatakan Shenzhen adalah suatu ‘gurun pasir iptek’, di seluruh kota hanya ada dua orang insinyur dan sumber daya iptek hampir nol. Kini, Shenzhen memiliki 30 ribu perusahaan tipe inovasi iptek, Huawei, CGN, Tengcent, BYD dan sejumlah perusahaan elit di berbagai bidang muncul di Shenzhen. Bobot nilai tambahan industri emerging strategis dalam PDB Shenzhen tahun 2019 mencapai 37,7%. Dalam daftar nama “30 Kota Paling Inovatif” yang diumumkan Forbes China, Shenzhen menduduki peringkat pertama di antara semua kota Tiongkok, dan patut dijuluki sebagai “Kota Inovatif”.

Ini bukan hasil sehari semalam saja. Pada tahun 1990-an, serangkaian kebijakan dan tindakan antisipasif dan penerobsan memungkinkan perusahaan membentuk badan litbang untuk meningkatkan kemampuan inovatif mandiri. Mengutamakan perusahaan dan pasar sebagai pemandu telah menjadi ciri khas terbesar inovasi Shenzhen, dan terus menyediakan daya hidup yang tak habis-habisnya kepada Shenzhen untuk menciptakan ‘Kota Inovatif” yang berdaya saing global.

Inovasi Shenzhen juga mendapat manfaat dari beberapa putaran restrukturisasi industri global belakangan ini dan partisipasi aktif dalam sistem industri global. Justru karena itu, perkembangan Shenzhen selama 40 tahun ini juga melayani ekonomi dunia. Membentuk pusat litbang di Shenzhen menjadi pilihan semakin banyak konglomerat transnasional, Airbus, Boston Consulting Group dan Accenture dll berturut-turut membentuk pusat litbangnya di Shenzhen.

favorite 3 likes

question_answer 0 Updates

visibility 141 Views

Update
No Update Available
Related News
44 tahun ke depan, manusia akan ambil sampel dari bulan dengan Wahana Chang’e-5
44 tahun ke depan, manusia akan ambil sampel dari bulan dengan Wahana Chang’e-5
Pidato Presiden Xi Jinping buka prospek cerah perekonomian dunia
×