Sabtu, 21 November 2020 20:33

KPU Pusat gelar Simulasi Nasional Pilkada dimasa pandemic Covid di Depok

Pilkada

Pilkada di masa pandemic Covid-19 yang belum berakhir, membuat KPU Pusat menunjuk KPUD Kota Depok untuk menyelenggarakan Simulasi tingkat Nasional Pilkada. RW 03 Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoran Mas kota Depok menjadi rujukan tempat untuk diselenggarakannya Simulasi Nasional Pilkada tersebut. Berlangsung di Lapangan Nanas, RW 03 Kelurahan Depok Jaya sejak pk. 9.00 wib hingga pk.16.00 wib.

KPUD kota Depok sengaja memilih Lapangan Nanas yang berada di lingkungan RW. 03 Kelurahan Depok Jaya, karena sudah berkali-kali sukses dalam menyelenggarakan Pemilu, terbukti sukses pada Kampung Pilkada pada tahun 2018 yang memilih Gubernur dan terakhir di Kampung Pemilu Nusantara 2019 dalam pemilihan Presiden dan Wapres.

Dimasa pandemic Covid-19 ini, perlu adanya simulasi tata cara pendaftaran pemilih, pencoblosan, hingga saat penghitungan jumlah suara. Tidak hanya itu, diperagakan pula bagaimana menghadapi pemilih yang tiba-tiba sakit atau pingsan.
Kegiatan Simulasi Nasional pemungutan dan perhitungan suara serta penggunaan aplikasi SIREKAP tingkat TPS dalam pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Depok Tahun 2020. Hal ini bertujuan untuk memberikan gambaran kepada masyarakat secara garis besar tentang bagaimana tekhnis pelaksanaan dan pemungutan suara serta penghitungan suara.

Ketua KPUD kota Depok, Nana Shobarna selaku panitia dalam gelaran Simulasi Nasional Pilkada menjelaskan, ada beberapa perbedaan dengan Pilkada sebelumnya, diantaranya berupa penyediaan alat pengukur suhu (Thermogun), penyediaan sarung plastik, pemberian tanda tinda setelah pencoblosan dan perlakuan untuk warga yang apabila ditemukan bersuhu tubuh lebih dari 37 derajat.

Dalam simulasi tingkat Nasional tersebut dihadiri oleh Kapolres Metro Depok, Kombes Azis Andriansyah, Dandim 0508 Depok, Kolonel Inf. Agus Isrok Mikroj, KPUD kota Depok, Dinkes kota Depok, Pjs Walikota Depok yang diwakili oleh Setda kota Depok Sri Utomo, serta anggota Pokdarkamtibmas Bhayangkara Sub Sektor Depok Jaya yang turut dilibatkan untuk pengamanan jalannya Pilkada. (21/11)

favorite 1 likes

question_answer 0 Updates

visibility 81 Views

Update
No Update Available
Related News
KPU Pusat gelar Simulasi Nasional Pilkada dimasa pandemic Covid di Depok
Jelang Pilkada Indramayu, Polsek Krangkeng gelar deklarasi damai
Erwin Aksa: 100 Hari Appi-Rahman terpilih, Makassar Bebas Covid -19
×