Senin, 23 November 2020 20:25

Xi Jinping sampaikan pidato di sesi “Jaga Bumi” KTT G-20

Luar Negeri

Presiden Tiongkok Xi Jinping hari Minggu kemarin (22/11) menyampaikan pidato di sesi II G-20 yang bertopik “Jaga Bumi” yang digelar secara virtual di Ryadh.

Xi Jinping menunjukkan, Bumi adalah kampung halaman bersama bagi sesama manusia. Kita perlunya bergandeng tangan untuk menghadapi tantangan perubahan iklim dan lingkungan dengan berpedoman pada komunitas senasib sepenanggungan.

Xi Jinping mengajukan tiga butir usulan sebagai berikut:

Pertama, meningkatkan intensitas menghadapi perubahan iklim. G-20 hendaknya terus memainkan peranan dominan untuk mendorong pelaksanaan menyeluruh dan efektif Perjanjian Paris terkait perubahan iklim. Tiongkok berkomitmen akan mencapai puncak emisi karbon dioksida sebelum 2030 dan mewujudkan carbon neutral sebelum 2060.

Kedua, memperluas pemanfaatan energi bersih. Tiongkok mendukung transformasi energi yang rendah karbon pasca pandemi dan mewujudkan target pemanfaatan energi berkelanjutan untuk setiap individu. Tiongkok telah merampungkan sistem energi bersih terbesar di dunia, dan akan terus mendorong pemanfaatan energi secara bersih, rendah karbon, aman dan efisien, dalam rangka mendorong perkembangan industri energi baru dan industri ramah lingkungan.

Ketiga, membina ekosistem yang menghormati kodrat alam. Tiongkok mendukung G-20 memperkuat kerja sama di bidang-bidang penanganan degradasi tanah, perlindungan terumbu karang dan penanggulangan sampah plastik guna membentuk benteng yang lebih kokoh untuk menjaga biokeamanan global.

Tiongkok menyambut berbagai pihak menghadiri pertemuan COP ke-15 Konvensi Keanekaragaman Biologi (Convention on Biological Diversity) yang akan digelar di Kunming, Tiongkok pada Mei tahun depan. Xi Jinping menyatakan harapannya agar pertemuan tahun depan dapat mengambil aksi demi menetapkan target terkait perlindungan keanekaman biologi global untuk suatu masa ke depan. Mari kita bergandeng dan bersama membangun dunia yang bersih dan indah!

favorite 2 likes

question_answer 0 Updates

visibility 226 Views

Update
No Update Available
Related News
Xi Jinping memimpin simposium mengenai pendorongan pembangunan Tiongkok barat di era baru
Tuntutlah ilmu walau sampai ke negeri Tiongkok
Xi Jinping inspeksi Taman Pusat Logistik Internasional Chongqing
×