Senin, 23 November 2020 21:24

Xi Jinping hadiri pertemuan sesi kedua KTT G-20 Ke-15

Luar Negeri

Presiden Tiongkok Xi Jinping kemarin (22/11) malam menghadiri Pertemuan Sesi kedua KTT G-20 ke-15 secara virtual di Beijing. Dalam pidatonya Xi Jinping menguraikan pendirian mengenai masalah pembangunan berkelanjutan.

Xi Jinping menunjukkan bahwa terus mendorong pengentasan kemiskinan global sangat penting untuk menciptakan masa depan yang inklusif, berkelanjutan dan tangguh. Menanggapi wabah virus Covid-19, Xi Jinping mengusulkan sejumlah tindakan riil sebagai berikut:

Pertama, berpegang teguh pada ide yang memprioritaskan pembangunan yang tercantum dalam Agenda Pembangunan Berkelanjutan Tahun 2030 PBB, meningkatkan kerja sama dan memperkecil kesenjangan perkembangan antara Utara-Selatan.

Kedua, mengambil kebijakan yang seimbang dan komprehensif. Perlunya mengimplementasi kebijakan yang tepat sasaran untuk membantu masyarakat yang jatuh miskin karena wabah virus corona. Negara-negara berkembang selain akan ditangguhkan pembayaran hutang seperti apa yang tertuang dalam inisiatif suspensi hutang, juga harus disediakan dukungan dana seperlunya untuk mendorong pembangunan infrastruktur dan konektivitas.

Ketiga, membina lingkungan ekonomi internasional yang baik. Menurunkan tarif bea masuk dan pagar non-tarif, mendorong pengentasan kemiskinan dan perkembangan melalui perdagangan, membantu negara-negara berkembang lebih baik berpartisipasi dalam pasar global. Memainkan peran ekonomi digital dalam pengentasan kemiskinan, menyediakan lebih banyak kesempatan kepada perusahaan kecil dan menengah, wanita dan pemuda yang termasuk kelompok lembah.

Xi Jinping menekankan bahwa Tiongkok akan mewujudkan tujuan penghapusan kemiskinan absolut 10 tahun sebelum waktu. Sejak melaksanakan kebijakan reformasi dan keterbukaan dalam 40 tahun yang lalu, 700 juta lebih orang Tiongkok dinyatakan terlepas dari kemiskinan, yang merupakan 70% dari kontribusi pengentasan kemiskinan dunia. Tiongkok bersedia bersama dengan semua negara, bersama-sama membangun dunia sejahtera yang bebas dari kemiskinan dan berkembang bersama.

Pemimpin-pemimpin yang menghadiri pertemuan tersebut menyatakan bahwa G-20 harus mengintensifkan dukungan terhadap negara-negara berkembang untuk mengatasi wabah, mendorong pemulihan dan pertumbuhan ekonomi, memperkecil kesenjangan digital, menghapuskan kemiskinan, memberikan lebih banyak kesempatan pendidikan dan lowongan kerja kepada wanita dan pemuda, melaksanakan Agenda Pembangunan Berkelanjutan 2030 PBB, mewujudkan perkembangan inklusif. Mengurangi emisi karbon, mendorong perkembangan rendah karbon, bersama-sama mengatasi tantangan global, seperti perubahan iklim dan memburuknya ekosistem.

KTT kali ini meluluskan “Deklarasi KTT Riyadh Pemimpin-pemimpin G-20”.

favorite 1 likes

question_answer 0 Updates

visibility 156 Views

Update
No Update Available
Related News
Xi Jinping memimpin simposium mengenai pendorongan pembangunan Tiongkok barat di era baru
Tuntutlah ilmu walau sampai ke negeri Tiongkok
Xi Jinping inspeksi Taman Pusat Logistik Internasional Chongqing
×