Selasa, 24 November 2020 10:20

Pidato Presiden Xi Jinping buka prospek cerah perekonomian dunia

Luar Negeri

Pada 17-22 November 2020, Presiden Tiongkok Xi Jinping berturut-turut menghadiri Pertemuan ke-12 BRICS, Pertemuan Informal ke-27 APEC dan KTT ke-15 G-20, dan menyampaikan serangkaian pidato penting. Pesan-pesan yang disampaikannya telah menunjukkan arah bagi pembangunan dunia pasca pandemi COVID-19.

Sebagai negara pertama yang memulihkan aktivitas ekonomi dan sosial, Tiongkok mengajukan paket solusi Tiongkok terkait pemulihan ekonomi dunia melalui tiga ajang tersebut. Inti sarinya adalah mendorong ekonomi yang “terbuka, inovatif, inklusif dan ramah lingkungan”. Ini adalah pengalaman Tiongkok, juga sesuai dengan arah perkembangan ekonomi dunia, dan pasti akan mendorong ekonomi dunia keluar dari kancah resesi.

Serangkaian prakarsa Xi Jinping tidak hanya menjelaskan posisi historis yang hendaknya ditempati tiga platform pemerintahan di tengah perubahan situasi yang tiada taranya dalam seratus tahun ini, juga memberikan panduan bagi pembinaan ketertiban internasional pasca pandemi COVID-19.

Di tengah penyebaran wabah virus corona, tata kelola ekonomi global sudah memasuki periode transformasi yang krusial. Dalam pertemuan G-20, Xi Jinping memaparkan argumentasinya secara terinci. Dari “empat mempertahankan” hingga mempertahankan sistem perdagangan multilateral dan pemerintahan ekonomi digital, Xi Jinping telah mengajukan serangkaian gagasan yang sesuai dengan pandangan pemerintahan ekonomi global dan pasti akan mendorong pemerintahan ekonomi global ke arah yang lebih adil dan rasional.

Melalui ketiga pertemuan tersebut, Xi Jinping telah menyampaikan pesan sebagai berikut: Tiongkok mutlak tidak akan menapak tilas perjalanan lama, tidak akan mengusahakan “pemisahan hubungan ekonomi” atau melakukan “lingkaran kecil” yang eksklusif dan tertutup. Perdamaian dan pembangunan yang merupakan arus utama zaman sekarang tidak akan berubah. Polarisasi dunia dan globalisasi ekonomi juga tak terhalangkan dan mustahil terbalikkan.

favorite 1 likes

question_answer 0 Updates

visibility 123 Views

Update
No Update Available
Related News
Modal asing yang masuk Tiongkok cetak rekor baru
Tiongkok kenakan sanksi kepada Mike Pompeo
Inspeksi perdana Xi Jinping pada Tahun Baru
×