Jumat, 16 April 2021 00:08

Polisi ciduk komplotan pencuri ganjal ATM gasak uang Rp500 juta

Kriminalitas

Kejahatan pencurian uang dengan modus ganjal Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang beraksi di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Tasikmalaya, berhasil diungkap Satreskrim Polres Tasikmalaya Kota Polda Jabar.

Kamis (15/4) sebanyak 3 orang dari 4 komplotan pelaku pencurian spesialis ganjal ATM ini, diciduk Polisi setelah sebelumnya terakhir beraksi pada Sabtu (23/01/21) lalu sekira pukul 11.30 WIB.

"Tiga pelaku ini berinisial NA, AH dan V berhasil kita ciduk. Seorang lagi masih dalam pengejaran tim kita," ujar Kapolres Tasikmalaya Kota Polda Jabar AKBP Doni Hermawan.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Erdi A. Chaniago mengatakan bahwa kasus ini terungkap saat pelapor atas nama Risdianto, salah seorang pengusaha, kehilangan uang sebanyak Rp 467.815.200. Uang tersebut telah hilang dari saldo rekeningnya.

"Jadi korban kaget saat mengetahui ada transaksi dan saldo dalam rekeningnya hampir setengah miliar rupiah sudah hilang. Lalu korban melapor ke kita," terangnya.

"Mendapat laporan itu pihaknya langsung melakukan penyelidikan dan melalukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi." tutur Kapolres.

"Jadi awalnya pelapor menyuruh karyawannya untuk menarik tunai dan cek saldo di ATM BCA Jalan Perintis Kemerdekaan," bebernya.

Kabid Humas Polda Jabar menyatakan saat itu karyawan yang jadi saksi kunci dalam kasus tersebut beberapa kali memasukan ATM tetapi tidak bisa seperti yang terganjal.

"Kemudian ada salah satu pelaku di belakang saksi ini menawarkan bantuan. Tanpa diketahui saksi, pelaku ini menukarkan ATM yang dibawa saksi dengan ATM palsu," lanjutnya.

Berdasarkan hal itu akhirnya pelaku telah mengantongi ATM asli dan mengetahui nomor PIN ATM tersebut. Sementara itu saksi langsung pulang dan memberitahukan kepada pelapor bahwa ATM-nya macet.

"Kemudian pelaku bersama rekan-rekan lainnya yang bertugas memantau situasi dan menjadi sopir langsung tancap gas ke Bandung. Kemudian di sana para pelaku membelanjakan uang dari ATM itu," tambahnya.

Kabid Humas Polda Jabar menjelaskan bahwa dari tangan pelaku Polisi mengamankan barang bukti 89 kartu ATM berbagai bank, 1 kartu ATM amankan barang bukti kalung emas, cincin emas, televisi, dan lain sebagainya. Barang-barang itu dibeli pelaku menggunakan ATM korban," jelasnya.

Selain itu, dengan menggunakan ATM korban, para pelaku belanja sejumlah barang bukti itu dan mentransfer sejumlah uang ke beberapa rekening pelaku yang dijadikan penampungan uang.

"Hasil pemeriksaan kita sementara, komplotan ini kerap beraksi di sejumlah lokasi lainnya di Jawa Timur, Jawa Tengah di Jawa Barat. Para pelaku terancam penjara 7 tahun karena melanggar pasal  363 KUHP," tukasnya.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 262 Views

Update
No Update Available
Related News
Satreskrim Polres Metro Depok merilis tertangkapnya pelaku curanmor di kota Depok
Sejumlah remaja diamankan Tim Resmob Polres Tegal Kota saat lakukan SOTR
Polda Jabar tangkap pelaku pencurian komponen guardrail pembatas jalan tol Soroja
×