Jumat, 16 Juli 2021 18:51

Forum kerja sama media mitra ASEAN 2021 digelar di Beijing

Media

Menjelang genap 30 tahun penggalangan hubungan dialog Tiongkok-ASEAN, Forum Kerja Sama Media Mitra ASEAN 2021 yang diselenggarakan China Media Group(CMG) digelar di Beijing pada Rabu (14/7) kemarin. Wakil Kepala Departemen Publisitas Komite Sentral PKT selaku Direktur CMG Shen Haixiong menghadiri forum dan menyampaikan pidato.

CMG bersama dengan sekitar 100 tamu dari 33 media dari 15 negara mengadakan dialog secara virtual dan tatap muka mengenai Peningkatan Kerja Sama Antar Media untuk Mendorong Perkembangan Regional. Forum mengeluarkan Deklarasi Bersama Peningkatan Kerja Sama. Forum ini juga dihadiri oleh Duta Besar Malaysia untuk Tiongkok Raja Datuk Nushirwan Zainal Abidin, Duta Besar Filipina untuk Tiongkok Jose Santiago Sta. Romana, Duta Besar Thailand untuk Tiongok Atthayut Srisamut dan Wakil Duta Besar Indonesia untuk Tiongkok Dino R. Kusnadi serta Sekjen Pusat Tiongkok-ASEAN Chen Dehai.

Shen Haixiong dalam pidatonya menyatakan, tahun ini adalah genap 30 tahun penggalangan hubungan dialog Tiongkok-ASEAN, kerja sama Tiongkok-ASEAN telah menuju kedewasaan, telah melewati angin dan hujan, serta memperoleh hasil berlimpah. Hubungan antara kedua pihak semakin matang dan stabil.

Media sebagai rantai krusial dalam mendorong stabilitas hubungan bilateral telah memainkan peranan yang tak tergantikan. Pada tahun-tahun terakhir ini, CMG dengan berbagai media dari negara anggota ASEAN mengadakan pertukaran dan kerja sama di berbagai dimensi dan lapisan, secara efektif mendorong saling pengertian dan saling percaya satu sama lain.

Shen Haixiong menyambut semakin banyak media negara anggota ASEAN bergabung dalam lingkaran pertemanan, bersama menceritakan kisah Tiongkok dan kisah ASEAN yang objektif dan nyata, serta bersama-sama menceritakan kisah indah kerja sama pertukaran antara Tiongkok dan ASEAN.

Untuk mendorong pertukaran dan kerja sama antar media di kawasan dengan lebih baik, CMG secara resmi mengaktifkan mekanisme kerja sama ‘Mitra ASEAN’, CMG akan memperdalam kerja sama dengan mitra-mitra media ASEAN di bidang pertukaran bahan berita, kerja sama produksi acara, pertukaran aktivitas dan perlawanan wabah virus corona, dengan aksi nyata mendorong media Tiongkok dan media ASEAN memperdalam kesepahaman, meningkatkan kerja sama dan meningkatkan pengaruh internasional media Tiongkok dan ASEAN.

Forum mengeluarkan Deklarasi Bersama Peningkatan Kerja Sama. Deklarasi menunjukkan, menghadapi perubahan besar yang sebelumnya belum pernah terjadi dalam waktu 100 tahun lalu, peranan media menjadi semakin penting. Dalam perlawanan wabah virus corona, media-media Tiongkok dan ASEAN harus terus meningkatkan pertukaran dan kerja sama, bersama memberikan kontribusi demi bersama melawan wabah dan mendorong perkembangan sosial dan ekonomi.

Duta Besar Malaysia untuk Tiongkok Raja Datuk Nushirwan Zainal Abidin menyatakan, Tiongkok adalah mitra perdagangan terbesar ASEAN, ASEAN juga untuk pertama kalinya menjadi mitra perdagangan terbesar Tiongkok pada tahun 2020. Dirinya yakin bahwa hubungan kedua pihak pasti akan menjadi lebih kukuh melalui RCEP dan inisiatif kerja sama lainnya.
Duta Besar Indonesia untuk Tiongkok Djauhari Oratmangun mengharapkan forum kali ini dapat memberikan kontribusi demi memajukan hubungan kemitraan ASEAN-Tiongkok dan pembangunan berkelanjutan kini dan masa depan.

favorite 2 likes

question_answer 0 Updates

visibility 476 Views

Update
No Update Available
Related News
Acara televisi “Ni Hao! Tiongkok” resmi ditayangkan di Indonesia
Podcast multibahasa “Stories of Xi Jinping” diluncurkan secara global
Forum kerja sama media “Mitra Afrika” 2023 digelar di Nairobi
×