Kamis, 09 September 2021 13:25

Reformasi dan keterbukaan zona kerja sama Qianhai akan dukung pembangunan ekonomi dan sosial HK

Ekonomi

Baru-baru ini, Komite Pusat PKT dan Dewan Negara Tiongkok mengeluarkan “Rancangan Pendalaman Komprehensif Reformasi dan Keterbukaan Zona Kerja Sama Industri Jasa Modern Qianhai Shenzhen-Hong Kong”, zona kerja sama Qianhai akan membangun platform uji coba untuk memperdalam reformasi dan inovasi komprehensif di kawasan Teluk Besar Guangdong, Hong Kong dan Makau, dalam rangka membangun hub portal tingkat tinggi yang terbuka untuk luar.

Kawasan Qianhai terletak pada bagian barat semenanjung Nanshan, kota Shenzhen, Provinsi Guangdong Tiongkok. Rancangan tersebut menjelaskan untuk lebih lanjut memperluas ruang pembangunan zona kerja sama Qianhai, dengan luas total dari 14,92 kilometer persegi diperbesar hingga 120, 57 kilometer persegi.

Berdasarkan rancangan tersebut, dalam bidang pembangunan platform uji coba untuk memperdalam reformasi dan inovasi komprehensif, zona kerja sama Qianhai akan mendorong perkembangan inovasi industri jasa modern, mempercepat reformasi inovasi sistem dan mekanisme perkembangan teknologi, membangun iklim bisnis tingkat dunia, dan mencari pola pengelolaan zona kerja sama yang baru.

Dalam bidang membangun hub portal tingkat tinggi yang terbuka untuk luar, zona kerja sama Qianhai akan memperdalam liberalisasi perdagangan jasa dengan Hong Kong dan Makau, memperbesar keterbukaan usaha keuangan, meningkatkan taraf keterbukaan di bidang urusan hukum, serta berpartisipasi tingkat tinggi dalam kerja sama internasional.

Hari Senin kemarin (6/9), Kepala Eksekutif Daerah Administrasi Khusus Hong Kong Lam Cheng Yuet-ngor menyatakan sambutan baik atas rancangan tersebut dan “rancangan komprehensif pembangunan zona kerja sama lebih lanjut Guangdong-Makau di Hengqin”, dan menantikan berbagai kalangan masyarakat Hong Kong di bawah dukungan kebijakan pemerintah daerah Hong Kong, dapat dengan aktif memegang peluang yang dibawa oleh “rancangan Qianhai” dan “rancangan Hengqin”, demi bersama mendorong pembangunan Teluk Besar Guangdong, Hong Kong dan Makau.

Lam Cheng Yuet-ngor menyatakan, kawasan Qianhai pada awalnya sudah ditetapkan untuk dibangun menjadi zona kerja sama industri jasa modern Shenzhen dan Hong Kong sejak 10 tahun yang lalu, dan sempat menarik sejumlah besar perusahaan Hong Kong.

Diluncurkannya “rancangan Qianhai” akan bermanfaat bagi pendorongan kerja sama Hong Kong dan Shenzhen yang bermutu tinggi, tidak hanya akan sepenuhnya mengembangkan keunggulan Hong Kong di bidang industri jasa senior dan profesional, namun juga akan membantu peningkatan fungsi kerja sama industri jasa modern Shenzhen dan Hong Kong di Qianhai, dan dapat lebih lanjut mendorong perkembangan jangka panjang industri jasa profesional Hong Kong.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 252 Views

Update
No Update Available
Related News
Gembar-gembor tentang kelebihan kapasitas produksi Tiongkok tidak akan membuat AS lebih kuat
Petani kopi Indonesia belajar pengolahan biji kopi di Tiongkok
Serangkaian angka ini buktikan optimisme dunia terhadap ekonomi Tiongkok
×