Minggu, 19 September 2021 19:54

“Gagasan Tiongkok” dorong perkembangan SCO

Luar Negeri

Di depan Sidang Ke-21 Dewan Pemimpin Negara-Negara anggota Organisasi Kerja Sama Shanghai (SCO) yang diadakan pada Jumat lalu (17/9), Presiden Tiongkok Xi Jinping menyampaikan pidato penting, ia aktif memprakarsai “Semangat Shanghai”, dan mengajukan “lima butir usulan” mengenai masa depan SCO dan mengumumkan serangkaian kebijakan penting yang baru.

Tahun ini genap 20 tahun berdirinya SCO. Selama 20 tahun ini, para anggota SCO selalu menaati “Semangat Shanghai” yang berintikan pada “Saling percaya, saling menguntungkan, sama derajat, berkonsultasi, menghormati peradaban yang beraneka ragam, mengupayakan perkembangan bersama”, berhasil menempuh jalan kerja sama dan perkembangan tipe baru untuk organisasi regional.

“Menempuh jalan solidaritas dan kerja sama ”, “menempuh jalan senasib sepenanggulngan”, “menempuh jalan terbuka dan integrasi”, “menempuh jalan saling belajar” dan “menempuh jalan adil”, kelima usulanyan diajukan Presiden Xi, tidak hanya menunjukkan arah demi perkembangan SCO pada masa depan, juga menandakan tanggungjawab Tiongkok untuk mendorong kestabilan dan kemakmuran kawasan ini dan seluruh dunia.

Penanggulangan pandemi Covid-19 adalah tugas paling urgen dewasa ini. Presiden Xi menekankan, “hendaknya mendorong distribusi adil dan rasional vaksin, dengan tegas menentang politisasi penelusuran sumber virus corona”, dia mengumumkan “akan berupaya mewujudkan target penyediaan vaksin sebanyak 2 miliar dosis kepada seluruh dunia”.

Bersama mengupayakan kestabilan dan mendorong pembangunan adalah asas tujuan SCO. Menghadapi perubahan besar situasi Afghanistan, Xi Jinping menghimbau para anggota SCO meningkatkan koordinasi, mendorong situasi Afghasnitan cenderung akan stabil, berupaya agar Afghanistan menempuh jalan damai, stabil dan berkembang.

Dewasa ini, berbagai anggota SCO sama-sama berada pada tahap pembangunan krusial. Tiongkok mengusulkan untuk terus mendorong liberalisasi dan fasilitasi perdagangan dan investasi, dan mengumumkan berupaya mewujudkan volume perdagangan antar negara anggota SCO sebanyak 2,3 trilyun dolar AS dalam 5 tahun mendatang.

Xi Jinping menekankan, penyelesaian masalah internasional tidak boleh ditolak dari apa yang disebut “status kekuatan” melaksanakan hegemonisme dan penindasan, harus berdasarkan “asas tujuan dan prinsip Konstitusi PBB, berpegang teguh pada konsultasi bersama, pembangunan bersama dan pembagian bersama”, dengan demikian mendorong SCO dan komunitas internasional melaksanakan multilateralisme sesungguhnya, serta menyempurnakan pembenahan global.

Hari ini, SCO berdiri pada titik tolak yang baru. Serangkaian gagasan, usulan dan tindakan baru yang diajukan Tiongkok untuk masa depan, akan mendorong SCO terus menaati “Semangat Shanghai”, maju terus di jalan pembangunan komunitas senasib sepenanggungan umat manusia, memberikan lebih banyak “kontribusi SCO” demi kestabilan dan pembangunan kawasan ini bahkan seluruh dunia.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 99 Views

Update
No Update Available
Related News
WawancaraeEksklusif Presiden Sierra Leone Julius Maada Bio oleh CMG
Xi Jinping berharap para anggota MPPR aktif berikan masukan untuk dorong pembangunan modernisasi ala Tiongkok
Xi Jinping tulis mukadimah untuk buku pelajaran kursus pelatihan kader seluruh Tiongkok kelompok ke-6
×