Sabtu, 27 November 2021 13:33

Tali persahabatan antara RLC dan CRI

Media

Tanggal 3 Desember 2021 adalah HUT ke-80 China Radio International (CRI). CRI ( China Radio International ) didirikan pada 3 Desember 1941.
Hingga akhir tahun 2011, total durasi program yang disiarkan CRI sepanjang 3200 jam. Pada tahun yang sama, CRI menerima kiriman surat pendengar dari 161 negara-negara di dunia, 3 juta 230 ribu surat elektronik, dengan didukung sebanyak 4112 klub pendengar CRI yang tersebar di seluruh dunia, di antaranya Radio Listener Club (RLC) dan Borneo Listeners Club. Yang kami merasa bangga yalah CRI telah mendapat perhatian dan dukungan yang luar biasa dari pendengar di berbagai pelosok dunia, khususnya di Indonesia.

Antara tanggal 2 sampai 25 November 2020, Seksi Bahasa Indonesia, China Radio International (CRI) bersama dengan Radio Listener Club (RLC) Indonesia mengadakan Sayembara “Saya dan CRI” dengan mengundang partisipasi luas dari pendengar Indonesia. 24 orang di antara ratusan orang pendengar yang telah berpartisipasi dalam sayembara itu terpilih sebagai pemenang hadiah, mereka dikirim oleh RLC souvenir-souvenir yang disiapkan oleh CRI dan RLC.

Untuk even yang sangat penting ini, RCL di bawah pimpinan Bapak Tjan Linjing ketika itu mendesain logo yang sangat bermakna dan penuh dengan filosofat. Berikut FILOSOFI dan MAKNA dalam Rancangan Logo 80 Tahun CRI.

Siaran pertama RADIO PEKING mengudara pada tanggal 3 Desember 1941. Setelah perjalanan panjang melintasi sejarahnya, kini telah menjelma sebagai CHINA RADIO INTERNATIONAL (CRI) dan menjadi divisi siaran radio dari CHINA MEDIA GROUP (CMG), sebagai badan yang menaungi semua media yang dimiliki oleh negara.

Dalam budaya Tionghoa, usia 80 tahun disebut “Da Shou” yang artinya Ulang Tahun Besar, usia dalam kemuliaan. Bahkan dalam sebuah Hadits Qudsi Allah SWT berfirman: "Apabila hamba-Ku mencapai usia 80 tahun, Aku mencatat semua kebaikannya dan membuang semua keburukannya.

Sehingga, tak ada salahnya bila angka 80 kami tampilkan dengan wujud koin emas khas Tiongkok yang bertumpuk satu sama lain melambangkan kesuksesan, kejayaan dan kemuliaan. Tulisan “th” jika dilihat sepintas akan nampak bagai tiga batang anak panah yang melesat ke angkasa, dimana CRI memancarkan getaran (frekuensi) siaran yang membawa acara mengunjungi para pendengarnya di seluruh dunia.

Artinya, selama 80 tahun ini siaran Radio Peking sejak 1941 hingga 2021 sebagai CMG, sukses dan Berjaya di angkasa didukung oleh seluruh jajaran yang bertugas menyampaikan siaran untuk bisa ditangkap oleh pendengar yang tersebar di seluruh pelosok jagad.

Kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas kerja sama dan dukungan dari RLC, semoga persahabatan antara kedua belah dapat terus terjaga dan dikembangkan.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 109 Views

Update
No Update Available
Related News
Aspirasi warga SETNEG Kota Tangerang terkabul, anggota DPR RI realisasikan mobil Ambulance jenazah
Bangun sinergitas Presidium BPP KTT bersama Media Center BPP KTT
Kejar target vaksinasi, anggota koramil dan nakes sisir perkampungan warga
×