Kamis, 27 Januari 2022 15:41

Irjen Pol Hendro Sugiatno: Mari hapus stigma negatif Lampung kampung begal

Peristiwa

Kapolda Lampung Irjen Pol Hendro Sugiatno, mengajak wartawan di Lampung untuk sama-sama membangun Provinsi Lampung dengan menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif, terutama mengubah stigma Lampung dengan sebutan daerah begal.

Hal itu diungkapkan Irjen Pol Hendro Sugiatno saat menerima audensi pengurus harian PWI Lampung, Kamis (27/1/2021).

"Saat ini Kepolisian sedang memaksimalkan upaya untuk menekan angka kejahatan. Termasuk fokus pada pencurian dengan kekerasan (pembegalan), pencurian kendaraan bermotor, dan pencurian dengan pemberatan," kata Hendro.

“Karena pada saat saya akan menjabat banyak yang menitipkan pesan kalau di Lampung banyak begal. Jadi itu yang saya prioritaskan kepada jajaran sekaligus mengubah perspektif masyarakat terhadap Provinsi Lampung, yang menyebut kampung begal,” kata Hendro, didampingi Irwasda Polda Lampung, Dirkrimsus, Dirkrimum, dan Kabid Humas Polda Lampung, dan Kasubdit 2 Ditnarkoba Polda Lampung AKBP Sastra Budi.

Wartawan di Lampung, kata Kapolda juga punya tanggung jawab yang sama dalam upaya menciptakan Kamtibmas di Lampung. Polda Lampung juga telah melakukan upaya upaya pendekatan persuasif, termasuk bagaimana membangun Sumber Daya Manusia (SDM) di daerah daerah yang dianggap sebagai produsen begal.

"Misalnya kita dorong pemuda-pemuda untuk ikut seleksi menjadi anggota Polri dan vaksinasi pun berjalan baik di sana," kata Kapolda.

Menurut Kapolda, wartawan adalah menjadi mata pertama terkait informasi yang ada di masyarakat. Sehingga banyak informasi dari wartawan yang juga menjadi rujukan untuk segera ditindak lanjuti oleh jajarannya. 

"Hampir tiap hari saya selalu mendapat pesan dari wartawan. Jika yang saya tahu, pasti saya tanggapi, jika tidak kita lanjutkan kepada satuannya. Karena itulah, saat ini keluruh pejabat Polda Lampung hingga Kasatwil, wajib melayani konfirmasi wartawan," katanya.

Sementara itu, Ketua PWI Lampung, Wirahadikumah mengapresiasi langkah langkah Kapolda Lampung, dalam membuka akses informasi dan keterbukaan informasi di wilayah Lampung. 

"Kapolda Lampung ini layak mendapat penghargaan dari Komisi Informasi. Baru perdana dan langka seorang Kapolda  yang membeberkan kontak HP nya termasuk jajarannya, kepada publik. Dengan intruksi wajib melayani konfirmasi wartawan ini," kata Wira.

Kagiatan Audiensi ini, dilaksanakan di Siger Lounge Mapolda Lampung, yang dihadiri Ketua PWI Lampung Wirahadikusumah, Ketua Dewan Kehormatan DR Iskandar Zulkarnain, Sekertaris Andi Panjaitan, Wakil Ketua Bidang Pembelaan Wartawan Juniardi, Wakil Ketua Bidang Siber Amirudin Sormin, Bidang Hukum Kusumawati, Bidang Kesbang Elkamabela.

favorite 1 likes

question_answer 0 Updates

visibility 246 Views

Update
No Update Available
Related News
Polisi Kota Bandung sita puluhan botol miras di bulan suci Ramadan
Setelah hilang 3,5 hari, jasad Masruri ditemukan di bawah jembatan Ketiwon, Dampyak Kabupaten Tegal
10.000 paket sembako murah disalurkan ke masyarakat Kota Bandung melalui MTP
×