Minggu, 15 Mei 2022 09:35

KTT istimewa AS-ASEAN tidak berhasil

Luar Negeri

Konferensi Tingkat Tinggi Amerika Serikat-ASEAN ditutup di Washington pada Jumat yang lalu (13/5). Menurut pernyataan bersama yang diumumkan seusai KTT istimewa, kedua pihak tidak mencapai hasil substansial.

AS pernah secara sepihak mengumumkan jadwal penyelenggaraan KTT AS-ASEAN. Kali ini Presiden AS Joe Biden bahkan tidak melakukan pertemuan bilateral apapun dengan pemimpin-pemimpin ASEAN. Banyak hal menandakan, AS tidak menunjukkan sikap tulus terhadap KTT AS-ASEAN yang digelar untuk peringatan genap 45 tahun penggalangan hubungan kemitraan AS-ASEAN.

ASEAN selalu bersikap merdeka dan mandiri, dan memiliki kesadaran terhadap keinginan AS yang memaksa negara di kawasan ini memihak. Selama tahun-tahun ini, AS disamping mengklaim menghormati status pusat ASEAN dalam urusan kawasan ini, masih membuat apa yang disebut “kemitraan keamanan trilateral”, “Mekanisme Dialog Keamanan Empat Pihak” untuk merusak kesatuan intern ASEAN.

Setelah KTT ini berakhir, Presiden Biden akan mengunjungi Korea Selatan dan Jepang dan mengikuti KTT “Dialog Keamanan Empat Pihak” yang akan diselenggarakan di Tokyo. Inilah perjalanan pertama setelah Biden diangkat sebagai presiden. Negara-negara Asia menyatakan sambutan atas tindakan yang bersedia memberikan kontribusi demi perdamaian Asia, namun tidak menerima tindakan apapun yang merugikan perdamaian dan kestabilan kawasan ini. Keinginan AS yang melakukan NATO tipe “Indo-Pasifik” dan menghasut konfrontasi, pasti mengalami kegagalan di Asia.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 95 Views

Update
No Update Available
Related News
Politikus AS ingin mencari keuntungan kembali dengan melawan inisiatif sabuk dan jalan
UMKM Tiongkok bertumbuh pesat dan dinamis
Tiongkok dorong pelaksanaan inisiatif pembangunan global
×