Kamis, 19 Mei 2022 11:16

BBC adalah ‘Mesin pembuat rumor’

Luar Negeri

Sekitar 20 hari yang lalu, bus sekolah Institut Konfusius Universitas Karachi Pakistan mengalami serangan teror yang mengakibatkan 3 orang guru Tiongkok tewas dan satu orang guru Tiongkok lainnya cedera. Hal itu mengejutkan seluruh dunia. Dewan Keamanan PBB dalam pernyataan pers ketuanya mengecam keras hal tersebut. Namun, BBC baru-baru ini dalam sebuah liputannya mempersolek pelaku kasus serangan teror Karachi dan mencoba mencari penjelasan rasional atas kekerasan teroris tersebut.

Sebagai salah satu media Barat yang berpengaruh, BBC secara terang-terangan membela kaum teroris, ini adalah perbuatan keji yang melanggar moral, keadilan internasional dan etika profesi, dan juga bermusuhan dengan semua tokoh yang cinta perdamaian di dunia. Ada netizen Prancis yang menunjukkan bahwa siapapun yang mencoba membedakan uknum teroris yang baik atau jahat adalah pendukung teroris.

Sejumlah media Barat termasuk BBC sudah sering membersihkan nama teroris secara selektif. Baru-baru ini, BBC menayangkan sebuah acara mengenai isu Xinjiang, menyebarkan informasi palsu, dan mencoreng tindakan pemerintah Xinjiang yang memberantas kejahatan kekerasan berdasarkan hukum, dan telah dibantah oleh Kedutaan Besar Tiongkok di Inggris.

Selama gejolak amandemen RUU di Hong Kong, sejumlah media Barat bahkan mempersolek teroris sebagai ‘pengunjuk rasa pro-demokrasi’ dan ‘pemandangan yang indah’. Akan tetapi, ketika tindakan teroris serupa terjadi di Inggris atau Amerika Serikat, mereka segera mengubah wajahnya dengan mengecam teroris tersebut dan mendukung tindakan pemerintahnya sendiri dalam menghantam terorisme.

Mengapa BBC menerapkan standar ganda? Karena itulah sifat media Barat. Kebanyakan media Barat dikontrol oleh konsorsium besar yang melayani uang. Di negara Barat, uang dan politik selalu saling bekerja sama. Maka, sejumlah media Barat yang selalu beralasan ‘kebebasan pers’ sebenarnya memainkan peran sebagai ‘asisten’ uang dan kekuasaan. Analis menunjukkan, apa yang disebut sebagai ‘netralitas objektif’ media Barat hanyalah ‘pakaian baru kaisar’ dan ‘stempel karet’.

“Anda sediakan gambar, saya akan berikan perang.” Itulah gambaran sejati media Barat yang bersedia menjadi ‘mesin pembuat rumor’ demi kepentingannya sendiri. Akan tetapi, mereka harus tahu bahwa zaman untuk menguasai opini dunia dengan ‘hegemoni berita’ itu sudah berlalu, dan BBC yang mempersolek teroris itu seharusnya dikecam dunia.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 78 Views

Update
No Update Available
Related News
Politikus AS ingin mencari keuntungan kembali dengan melawan inisiatif sabuk dan jalan
UMKM Tiongkok bertumbuh pesat dan dinamis
Tiongkok dorong pelaksanaan inisiatif pembangunan global
×