Minggu, 19 Juni 2022 10:26

‘Gagasan Tiongkok’: Dorong pelaksanaan inisiatif pembangunan global

Luar Negeri

Presiden Tiongkok Xi Jinping secara virtual menghadiri Sesi Pleno Forum Ekonomi Internasional St. Petersburg (SPIEF) ke-25 dan menyampaikan pidato penting pada Jumat lalu (17/06).

Dalam pidatonya Xi Jinping menekankan “Hendaknya mendorong pelaksanaan Inisiatif Pembangunan Global, menciptakan dan menikmati bersama hari depan indah yang damai, makmur dan indah”, dia mengajukan empat butir usulan aksi yaitu menciptakan lingkungan perkembangan yang kondusif, membangkitkan kemitraan perkembangan, mendorong proses globalisasi ekonomi dan mempertahankan inovasi sebagai pendongkrak pertumbuhan ekonomi.

‘Inisiatif pembangunan global’ diajukan oleh Presiden Xi di Sesi Debat Umum Sidang Majelis Umum PBB Ke-76 pada September 2021, intinya ialah mempertahankan pembangunan yang diprioritaskan, rakyat diutamakan, keinklusifan, inovasi sebagai pendongkrak pertumbuhan ekonomi, manusia hidup secara harmonis dengan alami, berorientasi pada pelaksanaan, untuk membangun komunitas senasib sepenanggungan global.

Inisiatif ini sesuai dengan kebutuhan berbagai negara yang mempercepat pemulihan ekonomi pasca pandemi, mendapat dukungan meluas dari PBB dan lebih 100 negara, dinamakan sebagai akselerator untuk mewujudkan proses pembangunan berkelanjutan 2030 PBB

Dewasa ini, pandemi Covid-19 tetap merebak di dunia, situasi internasional semakin goncang akibat konflik Rusia-Ukraina, sanksi ekstrimis yang dikenakan dunia Barat kepada Rusia memberikan pukulan berat kepada rantai industri dan rantai pasokan global, energi, moneter serta ketahanan pangan.

Sementara itu, negara-negara Barat bertolak dari pendirian sendiri, menyusun kebijakan ekonomi makro yang terlalu longgar, atau memberikan hambatan kepada globalisasi, telah mengakibatkan rakyat sedunia khususnya kelompok orang berpendapatan rendah mengalami kerugian besar-besar. Dilaporkan tahun ini terdapat 263 juta orang di dunia terjerumus dalam ‘kemiskinan ekstrimis’
Di bawah latar belakang ini, Presiden Xi dalam pidatonya memberikan usulan konkret demi mendorong pelaksanaan Inisiatif Pembangunan Global.

Selama satu tahun ini, Tiongkok selalu berupaya bersama berbagai negara menyinergi bidang kerjasama, kebutuhan perkembangan dan mekanisme kerjasama, untuk menyediakan peluang baru kepada seluruh dunia dengan berdasarkan perkembangan baru negerinya sendiri.

Kini meskipun menghadapi berbagai tantangan seperti pandemic, tetapi dasar Tiongkok yang berkeuletan ekonomi yang kuat, berpotensi yang besar, dan berkembang membaik dalam jangka panjang tidak berubah.

“Tiongkok akan terus mendorong pembangunan berkualitas tinggi, dengan teguh memperluas keterbukaan pada level tinggi, memperdalam pembangunan bersama Sabuk dan Jalan” , suara Tiongkok yang disampaikan di depan SPIEF ke-25 itu menandakan, Tiongkok tidak hanya memiliki gagasan sendiri tapi juga akan mengambil langkah riil untuk mendorong pelaksanaan Inisiatif Pembangunan Global.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 59 Views

Update
No Update Available
Related News
Politikus AS ingin mencari keuntungan kembali dengan melawan inisiatif sabuk dan jalan
UMKM Tiongkok bertumbuh pesat dan dinamis
Tiongkok dorong pelaksanaan inisiatif pembangunan global
×