Senin, 27 Juni 2022 13:16

UMKM Tiongkok bertumbuh pesat dan dinamis

Luar Negeri

Di bawah pimpinan teguh Komite Sentral PKT, daya saing inti usaha menengah, kecil dan mikro (UMKM) di Tiongkok semakin meningkat, peran dan kontribusinya terhadap ekonomi nasional dan pembangunan sosial semakin menonjol.

“UMKM memainkan peranan yang penting.” Xu Xiaolan, Wakil Menteri Perindustrian dan Teknologi Informasi Tiongkok baru-baru ini di depan jumpa pers bertema ‘Perkembangan Tiongkok Selama Satu Dasawarsa’ menyatakan, daya saing UMKM Tiongkok semakin meningkat, peran dan kontribusinya terhadap ekonomi nasional dan pembangunan sosial semakin menonjol, menunjukkan tren pertumbuhan yang pesat, kontribusi yang besar dan penuh dinamik.

Dalam 10 tahun ini, UMKM bertumbuh sangat pesat. Data statistik menunjukkan, terhitung hingga akhir tahun 2021, jumlah perusahaan di Tiongkok tercatat 48,42 juta buah, bertambah 1,7 kali lipat, dan 99% di antaranya adalah UMKM. Di bidang perindustrian, jumlah perusahaan menengah dan kecil berskala atas mencapai 400 ribu buah, dengan volume omzet melampaui 75 triliun Yuan RMB, pendapatan murni mencapai 4,7 triliun Yuan RMB, angka tersebut masing-masing meningkat sebesar 23,5%, 38,7% dan 37,1% dibandingkan tahun 2012.

Sumbangan UMKM terhadap pembangunan ekonomi pun semakin besar. Data sensus ekonomi ke-4 menunjukkan, jumlah karyawan UMKM telah menduduki 80% dari jumlah total karyawan perusahaan di seluruh negeri. Pada tahun 2021, jumlah wirausaha swasta di Tiongkok mencapai 400 juta orang, bertambah lebih dari 200 juta orang daripada tahun 2012. Perusahaan swasta yang pada umumnya berupa UMKM merupakan badan utama bisnis perdagangan luar negeri terbesar di Tiongkok, kontribusinya terhadap perdagangan luar negeri melampaui 58,2% pada tahun 2021. Hasil survei menunjukkan, koefisien korelasi antara UMKM dan pertumbuhan ekonomi daerah melebihi 0,8, daerah dengan UMKM yang aktif pun merupakan daerah utama pembangunan ekonomi dan ketenagakerjaan.

UMKM penuh dinamis. Menempuh pola pembangunan yang ‘profesional,canggih, unik dan inovatif’ merupakan salah satu ciri khas UMKM dalam perkembangannya. Di antara perusahaan ‘raksasa kecil’ yang profesional, canggih, unik dan inovatif, tercatat lebih dari 60% adalah termasuk bidang dasar industri, lebih dari 70% telah terlibat secara mendalam dalam industri selama lebih dari sepuluh tahun, lebih dari 80% telah memasuki rantai industri baru yang strategis, dan lebih dari 90% adalah ahli pendukung dari perusahaan besar terkenal di dalam dan luar negeri.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 89 Views

Update
No Update Available
Related News
Meninjau akuntabilitas Tiongkok di Hari Kemanusiaan Dunia
Kaleng spam digembok dalam kotak saat dijual, kenapa?
Presiden Xi Jinping lakukan Kunker ke Liaoning
×