Jumat, 01 Juli 2022 10:11

Xi Jinping temui Pejabat Eksekutif Daerah Administrasi Khusus Hong Kong Carrie Lam

Luar Negeri

Presiden Tiongkok Xi Jinping menemui Kepala Eksekutif Daerah Administrasi Khusus Hong Kong Carrie Lam di Hong Kong pada hari Kamis sore kemarin (30/6). Xi Jinping menunjukkan, selama lima tahun ini, dengan dukungan tegas pemerintah pusat, Carrie Lam dengan setia menjalankan tugas dan kewajibannya sebagai kepala eksekutif, dengan tegas melaksanakan pedoman Satu Negara Dua Sistem dan Undang-Undang Pokok, memimpin pemerintah Daerah Administrasi Khusus Hong Kong melakukan pemerintahan berdasarkan hukum, mempersatukan tokoh berbagai kalangan masyarakat dalam mencegah kekacauan dan kekerasan.

Dengan sekuat tenaga menanggulangi wabah Covid-19, aktif bergabung dalam situasi menyeluruh pembangunan negara, berupaya gigih dan memberikan kontribusi penting dalam memelihara kedaulatan, keamanan dan kepentingan pembangunan negara serta kemakmuran dan kestabilan Hong Kong, menerapkan prinsip ‘pemerintahan Hong Kong oleh kaum patriot’, mendorong situasi Hong Kong mewujudkan peralihan besar dari kekacauan ke ketertiban, serta memperlihatkan semangat berani untuk memikul tanggung jawab. Pemerintah pusat memberikan pengakuan penuh terhadap pekerjaan Carrie Lam selama 5 tahun ini.

Xi Jinping berharap, Carrie Lam dapat aktif mendukung pejabat eksekutif yang baru dan pemerintah baru Daerah Khusus Hong Kong menjalankan pemerintahan berdasarkan hukum dan terus memberikan kontribusi bagi perkembangan Hong Kong dan Tiongkok.

Carrie Lam menyampaikan rasa terima kasihnya atas kehadiran Presiden Xi Jinping dalam rapat perayaan 25 tahun kembalinya Hong Kong ke pangkuan RRT, dan upacara pelantikan pemerintah ke-6 Daerah Administrasi Khusus Hong Kong serta inspeksinya di Hong Kong. Hal ini sepenuhnya mencerminkan perhatian Presiden Xi Jinping terhadap masyarakat Hong Kong.

Ia menyatakan, lima tahun yang lalu adalah masa yang sangat luar biasa bagi Hong Kong, dirinya merasa bangga dapat memberikan kontribusi bagi usaha Satu Negara Dua Sistem. Ia mendoakan semoga Tiongkok tumbuh perkasa dan makmur, dan kunjungan Presiden Xi Jinping di Hong Kong dapat berjalan dengan penuh kesuksesan.

Pada hari yang sama, Xi Jinping juga mengadakan pertemuan dengan para penanggung jawab badan eksekutif, legislatif serta kehakiman Daerah Administrasi Khusus Hong Kong, wakil-wakil dari berbagai kalangan Hong Kong, wakil layanan disiplin Hong Kong, serta para penanggung jawab pemerintah pusat untuk Hong Kong.

Sementara itu, Xi Jinping juga menemui Wakil Ketua MPPR Tiongkok Leung Chun-ying dan menitipkan salamnya untuk Wakil Ketua MPPR Tiongkok Tung Chee Hwa.

Selain itu, Xi Jinping juga mengadakan pertemuan dengan Kepala Eksekutif Daerah Administrasi Khusus Makau Ho Iat Seng yang menghadiri rapat perayaan 25 tahun kembalinya Hong Kong ke pangkuan RRT.

Xi Jinping menunjukkan, pemerintah pusat sepenuhnya mengapresiasi pekerjaan yang dilakukan oleh Ho Iat Seng dan pemerintah Daerah Administrasi Khusus Makau, ia berharap mereka dapat terus mempertahankan kemajuan dalam kestabilan, tidak lengah dalam menangani pandemi, terus mengatasi kesulitan rakyat, berupaya keras mendorong pemulihan ekonomi, dan dengan teguh mendorong diversifikasi ekonomi yang moderat, sekuat tenaga memelihara situasi kestabilan masyarakat.

Ho Iat Seng menyampaikan terima kasih atas sambutan Presiden Xi Jinping, menyatakan akan berupaya keras melakukan semua pekerjaan dengan baik serta memelihara situasi pembangunan Makau yang baik.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 78 Views

Update
No Update Available
Related News
Presiden Xi Jinping lakukan Kunker ke Liaoning
Xi Jinping datang di Taman Hutan Danau Timur Jinzhou
Xi Jinping memperhatikan bencana banjir di Provinsi Liaoning
×