Jumat, 01 Juli 2022 14:37

Kata-kata bijak pemimpin Tiongkok-Indonesia (2013-2019)

Luar Negeri

Hubungan antara Tiongkok dan Indonesia persis seperti lirik lagu Bengawan Solo, mata airmu dari Solo terkurung gunung seribu. Air mengalir sampai jauh, akhirnya ke laut.
—— Xi Jinping, 3 Oktober tahun 2013

Hubungan kedua negara harus dipandang dari sudut strategis dan jangka panjang, saling memahami, saling mendukung, memperdalam rasa saling percaya, memperkuat kerja sama, bekerja sama untuk menghadapi tantangan, dan berkembang berdampingan.
——Presiden Xi Jinping, 9 November tahun 2014

Indonesia dan Tiongkok memiliki sejarah pertukaran yang panjang dan sumber daya kerja sama yang kaya. Pihak Indonesia berharap dapat memajukan kerja sama strategis yang komprehensif antara kedua negara dan terus memajukan hubungan bilateral.
——Presiden Jokowi, 9 November tahun 2014

Kedua negara harus terus memperkuat saling percaya strategis, menjaga momentum pertukaran tingkat tinggi, membangun dengan baik mekanisme kerja sama bilateral, memperkuat kerja sama antar partai dan pertukaran antar daerah, serta bertukar pengalaman terkait tata kelola negara.
——Presiden Xi Jinping, 26 Maret tahun 2015

Indonesia berharap dapat memperluas kerja sama dengan Tiongkok di berbagai bidang, dan berkeinginan untuk mengkaji secara mendalam dan menjajaki peluang kerja sama yang dibawa oleh inisiatif Tiongkok "Jalur Sutra Maritim Abad ke-21" dan strategi pembangunan baru Indonesia. Indonesia menyambut Tiongkok untuk meningkatkan investasinya untuk pembangunan infrastruktur Indonesia.
——Presiden Jokowi, 22 April tahun 2015

Dalam situasi saat ini, Tiongkok dan Indonesia harus memperkuat koordinasi dan kolaborasi di panggung internasional untuk menegakkan kebenaran dan keadilan.
——Presiden Xi Jinping, 28 Juni tahun 2019

Saya sangat mementingkan hubungan kerja sama antara Indonesia dan Tiongkok.
——Presiden Jokowi, 28 Juni tahun 2019

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 93 Views

Update
No Update Available
Related News
Presiden Xi Jinping lakukan Kunker ke Liaoning
Xi Jinping datang di Taman Hutan Danau Timur Jinzhou
Xi Jinping memperhatikan bencana banjir di Provinsi Liaoning
×