Jumat, 01 Juli 2022 14:43

Kata-kata bijak pemimpin Tiongkok-Indonesia (2020-2022)

Luar Negeri

Pada tanggal 11 Februari 2020, Presiden Tiongkok Xi Jinping mengadakan kontak telepon dengan Presiden Indonesia Joko Widodo.

Xi Jinping menekankan, sahabat sejati selalu ada untuk Anda di kala suka maupun duka. Sejak epidemi meletus, negara-negara tetangga Tiongkok, termasuk Indonesia, telah memberikan dukungan yang berharga kepada Tiongkok di berbagai bidang. Ini tersaksi bahwa mereka sebagai tetangga telah saling mendukung dan bantu membantu di masa-masa sulit serta bekerja sama untuk mngatasi kesulitan.

Joko Widodo menyatakan, Indonesia bersedia bersama dengan Tiongkok untuk terus mendorong pembangunan bersama “Sabuk dan Jalan”. Persahabatan Indonesia-Tiongkok dipercaya akan diperdalam dan hubungan bilateral akan meningkat ke level yang lebih tinggi seusai ujian dari epidemi ini.


Pada tanggal 13 April 2020, Presiden Tiongkok Xi Jinping dan Presiden Indonesia Joko Widodo saling mengirim surat ucapan selamat atas genap 70 tahun penggalangan hubungan diplomatik Tiongkok-Indonesia

Xi Jinping menekankan, Tiongkok dan Indonesia memiliki kepentingan bersama yang luas di tingkat bilateral, regional dan multilateral, dan terdapat potensi besar untuk bekerja sama.

Joko Widodo menyatakan, Indonesia dan Tiongkok memiliki ikatan sejarah dan kebudayaan yang lama. Para pemimpin kedua negara dan berbagai sektor masyarakat melakukan pertukaran yang erat, telah menjalin persahabatan yang kuat.

Pada tanggal 31 Agustus 2020, Presiden Tiongkok Xi Jinping mengadakan kontak telepon dengan Presiden Indonesia Joko Widodo.

Xi Jinping menekankan, Indonesia adalah tetangga bersahabat dan mitra penting Tiongkok, Tiongkok sangat mementingkan prihatin dan kebutuhan Indonesia dalam kerja sama vaksin.

Joko Widodo menyatakan, saya apresiasi dukungan Tiongkok dalam upaya penanggulangan pandemi Covid-19, lebih-lebih kerja sama litbang vaksin.

Pada tanggal 20 April 2021, Presiden Tiongkok Xi Jinping mengadakan kontak telepon dengan Presiden Indonesia Joko Widodo.

Xi Jinping menekankan, menghadapi situasi perubahan yang belum pernah terjadi selama satu abad dan pandemi Covid-19, Tiongkok bersedia berupaya dengan Indonesia untuk meningkatkan saling kepercayaan strategis, memperdalam kesepahaman strategis serta mengintensifkan kolaborasi strategis, mempertahankan multilateralisme dan menjaga keadilan, mendorong penanganan iklim global serta memelihara kepentingan bersama negara-negara berkembang, demi mendorong pembentukan komunitas senasib sepenanggungan manusia.

Joko Widodo menyampaikan ucapan selamat atas genap 100 tahun berdirinya Partai Komunis Tiongkok. Dia menyatakan, di bawah pimpinan PKT, Tiongkok telah mencapai kesuksesan di berbagai bidang, khususnya telah mencapai prestasi yang luar biasa di bidang pengentasan kemiskinan dan perkembangan ekonomi, serta telah memberikan sumbangan positif kepada negara-negara di kawasan ini termasuk Indonesia.

Pada tanggal 11 Januari 2022, Presiden Tiongkok Xi Jinping mengadakan kontak telepon dengan Presiden Indonesia Joko Widodo.

Xi Jinping menekankan bahwa Tiongkok sangat mementingkan peranan yang dimainkan oleh Indonesia dalam urusan internasional dan regional, bersedia bersama Indonesia mengimplementasikan kesepahaman yang dicapai dalam KTT Peringatan Tiongkok-ASEAN, untuk mendorong pemulihan ekonomi regional dan memelihara perdamaian dan kestabilan.

Tahun ini Tiongkok dan Indonesia masing-masing menjabat sebagai ketua BRICS dan G20. Tiongkok bersedia bersama Indonesia mempraktikkan multilateralisme sejati, aktif menindaklanjuti prakarsa pembangunan global serta memelihara kepentingan negara-negara emerging market dan negara-negara berkembang, demi memberikan kontribusi bagi pemulihan dan perkembangan ekonomi dunia, serta menyempurnakan pembenahan ekonomi global.

Joko Widodo menyampaikan ucapan selamatnya kepada Xi Jinping atas kesuksesan penyelenggaraan Sidang Pleno ke-6 Komite Sentral Ke-19 PKT, ia yakin bahwa di bawah pimpinan Presiden Xi, rakyat Tiongkok akan terus menciptakan keajaiban yang baru. Hubungan baik Indonesia-Tiongkok berdasarkan pada saling menghormati dan menang bersama. Sebagai tuan rumah konferensi dan pemegang presidensi G20 pada 2022, Indonesia bersedia bekerja sama erat dengan Tiongkok untuk mendorong G-20 memainkan peranan positifnya dalam mendorong persatuan masyarakat internasional dan pemulihan ekonomi dunia.


Pada tanggal 16 Maret 2022, Presiden Xi Jinping mengadakan pembicaraan telepon dengan Presiden Indonesia Joko Widodo.

Xi Jinping menunjukkan, Tiongkok dan Indonesia adalah negara berkembang besar sekaligus wakil dari kekuatan ekonomi baru alias Emerging Economies, sama-sama menghadapi situasi perubahan yang belum pernah muncul selama satu abad ini dan pandemi Covid-19, kedua negara bergandengan tangan menghadapi tantangan, membentuk pola baru hubungan bilateral ‘bergandar ganda’ di bidang politik, ekonomi, sosbud serta kerja sama maritim, mengembangkan solidaritas dalam menanggulangi wabah dan berkembang bersama, dengan tegas menunjukkan arah pembangunan bersama komunitas senasib sepenanggungan Tiongkok-Indonesia, dan menjadi teladan kerja sama negara-negara berkembang besar di dunia.

Joko Widodo menyatakan, inisiatif pembangunan global yang diajukan Presiden Xi Jinping bermanfaat bagi perwujudan agenda pembangunan berkelanjutan 2030 PBB, maka dari itu, Indonesia akan dengan sekuat tenaga mendukung inisiatif tersebut, Indonesia akan berkomunikasi erat dengan Tiongkok, mendorong implementasi inisiatif tersebut dan memberikan kontribusi bagi pembangunan bersama global.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 108 Views

Update
No Update Available
Related News
Presiden Xi Jinping lakukan Kunker ke Liaoning
Xi Jinping datang di Taman Hutan Danau Timur Jinzhou
Xi Jinping memperhatikan bencana banjir di Provinsi Liaoning
×