Selasa, 26 Juli 2022 13:39

Tekan tombol `maju` untuk perkembangan pemulihan sektor jasa

Ekonomi

Baru-baru ini, seiring dengan tren situasi pengendalian dan pencegahan wabah dalam negeri Tiongkok, berbagai daerah telah mendorong pemulihan pekerjaan dan produksi secara tertib, serta mempercepat pemulihan sektor jasa seperti katering, perhotelan dan pariwisata. Indeks aktivitas bisnis sektor jasa pada bulan Juni lalu mencapai 54,3 persen, naik 7,2 poin persentase dibandingkan bulan Mei lalu. Data yang membaik tersebut menunjukkan, suasana ‘ramai’ di kota sudah kembali, sektor jasa pun mengalami pemulihan secara bertahap.

Jenis sektor jasa beraneka macam dan mencakup banyak bidang, menjadi faktor penting yang tak boleh kurang dalam aktivitas ekonomi. Induk pasar sektor jasa memainkan peran yang penting untuk mendorong kemakmuran pasar, lapangan kerja dan memelihara kestabilan.

Sektor jasa kebanyakan bersifat klaster dan berkontak, dampak wabahnya cukup besar dan mengalami tantangan yang relatif besar, khususnya industri-industri katering, ritel dan pariwisata yang umumnya menghadapi masalah kemerosotan pasar konsumsi dan kenaikan biaya bisnis. Pada awal tahun ini, banyak badan pemerintah seperti Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional Tiongkok yang merilis ‘serangkaian kebijakan untuk mendorong industri yang mengalami kesulitan di sektor jasa agar dapat pulih dan berkembang’, serta mengajukan 43 pasal langkah-langkah bantuan akurat.

Sementara itu, sejumlah besar induk pasar sektor jasa pun menunjukkan ketangguhan dan vitalitas kuatnya dalam prosesnya secara inisiatif mengubah krisis menjadi peluang. Ada toko yang membuka bisnis online, ada perusahaan katering yang membuat jenis makanan siap saji, ada juga perusahaan pariwisata yang mencari peluang bisnis dengan mengikuti tren berkemah. Salah satu ciri khasnya adalah langkah transformasi digital sektor jasa yang semakin cepat. Contohnya, sebuah merek waralaba toko roti yang awalnya hanya berfokus pada toko offline, pihaknya memiliki hampir 100 cabang di 40 lebih kota di seluruh Tiongkok, merek tersebut mengalami dampak yang relatif besar akibat pandemi Covid-19. Setelah mulai mengoperasikan toko online pada bulan April tahun ini, merek itu bahkan menciptakan hasil penjualan bulanan terbaik.
Hal itu menunjukkan, memanfaatkan teknologi baru internet untuk merenovasi sektor tradisional dapat memainkan peranan teknologi digital untuk meningkatkan perkembangan ekonomi secara berlipat dan mendatangkan peluang baru bagi perusahaan.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 194 Views

Update
No Update Available
Related News
Xi Jinping tegaskan untuk dorong pembangunan Tiongkok bagian tengah
Instruksi Presiden Xi terkait penanaman di musim semi
Unsur apa saja yang mendukung ekonomi Tiongkok terus membaik?
×