Kamis, 18 Agustus 2022 15:05

Danramil 03/GP Kapten Inf Sriyanto tanamkan rasa nasionalisme pada Pelajar SMK dan SMA Jakarta Barat

Peristiwa

Jakarta Barat - Dalam rangka Pemantapan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) bagi Pelajar SMK dan SMA, Komandan Koramil 03/GP Kapten Inf Sriyanto menjadi Narasumber Webinar yang digelar oleh Suku Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Administrasi Jakarta Barat, Kamis Pagi (18/8/2022).

Kegiatan Webinar pemantapan Wawasan Kebangsaan, bagi SMK dan SMA se-Jakarta Barat, melalui Zoom Meeting ini, bertempat di Gd.B, Lt.13, Kantor Walikota Jakarta Barat, Jl.Kembangan Raya No.2, Kembangan, Jakarta Barat dan diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Komandan Koramil 03/GP Kapten Inf Sriyanto yang menjadi Narasumber Webinar menjelaskan, “Pada hari Rabu 17 Agustus 2022 kemarin, Kita semua memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan R1. Bangsa Indonesia selama 3,5 Abad dijajah oleh Belanda dan 2,5 Th dijajah oleh Jepang. Begitu lama Bangsa Indonesia dijajah”.

“Apakah pada waktu itu tidak ada perlawanan dari pendahulu kita?” tanyanya.

Ia pun menjelaskan bahwa pada waktu itu zaman kerajaan, semenjak kedatangan VOC pada tahun 1596 pimpinan Cornelis Van Houtman, hampir semua kerajaan melakukan perlawanan, namun sifatnya masih kedaerahan, belum ada persatuan dan kesatuan, sehingga perlawanan mereka mudah dipatahkan, apalagi Belanda menerapkan taktik adu domba dan pecah belah atau devide et impera.

“Baru pada tahun 1908, berdiri Budi Oetomo di sinilah persatuan dan kesatuan Bangsa dimulai dan dilanjutkan Sumpah Pemuda pada tahun 1928, di mana seluruh pemuda bersatu, ada Jong Java, Jong Sumatera, Jong Ambon dsb. Bersatu dan bersumpah: Bertumpah darah satu, Berbangsa Satu dan Berbahasa satu yaitu Indonesia,” rinci Kapten Inf Sriyanto.

“Dan pada 17 Agustus 1945, Indonesia Merdeka dan saat ini sudah 77 tahun indonesia Merdeka. Tugas kita saat ini mengisi kemerdekaan tersebut dan oleh karena itu lakukan bela Negara sesuai amanat UUD 45, Pasal 30 Ayat 1 dan Pasal 27 Ayat 3. Bahwa Bela Negara ada 2 yaitu fisik dan non fisik, bela negara fisik dilakukan oleh TNI dan non fisik dilakukan oleh seluruh lapisan Masyarakat, sesuai profesinya untuk kepentingan Bangsa dan Negara,” tambahnya lagi.

Di akhir materi, orang nomor satu di Makoramil 03/GP ini berpesan, “Apa bela negara bagi pelajar? Laksanakan belajar dengan baik, jangan terlibat narkoba, tawuran antarpelajar dan sebagainya.

Tanamkan Nilai-nilai Pancasila dalam sekolahan maupun dalam kehidupan sehari-hari. Karena 40 ke depan Indonesia milik kalian wahai Generasi Milenial. Siapkan diri kalian dengan baik untuk menyongsong Indonesia Emas,” tegas Kapten Inf Sriyanto yang telah 30 tahun berkarier di TNI dan 27 tahun dalam dunia Intelijen.

Hadir dalam giat tersebut antara lain Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi DKI Jakarta Drs. Taufan Bakri, M.Si., Kepala Suku Badan Kesbangpol Kota Adm. Jakarta Barat H. Muhammad Matsani, S.Sos., M.Si., Kasubag Bina Ideologi Kota Adm. Jakbar. Dengan Nara sumber yaitu, Danramil 03/GP Kapten Inf Sriyanto, Ir.Hamnry Gusman Zakari dan H. Cucum Sumardi.

(M.Solichin)

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 102 Views

Update
No Update Available
Related News
Pastikan prokes berjalan sesuai aturan, Babinsa Koramil 03/GP monitoring PPKM di pasar dan mall
Antisipasi kejahatan malam hari, Babinsa Koramil 03/GP Serda Andry sambangi pos siskamling RW.09 Wijaya Kusuma
Pelihara lingkungan, Polri dan Gubernur Lampung tanam pohon bersama
×