Selasa, 27 September 2022 10:12

Kisah ke-10 tentang Xi Jinping, pemimpin reformasi Tiongkok

Luar Negeri

Pada tanggal 5 Januar 2007, Xi Jinping, Sekretaris Komite PKT Provinsi Zhejiang, datang di Universitas Zhejiang. Ini merupakan kegiatan penyelidikannya yang pertama sesudah memasuki tahun baru. Isi penyelidikannya ialah sepatu.

Ketika itu, industri sepatu di Provinsi Zhejiang mengambil proprosi 40 persen pasar seluruh negeri Tiongkok atau 20 persen pasar seluruh dunia. Akan tetapi, level perkembangan keseluruhan industri masih rendah, ditambah naiknya ongkos tenaga kerja dan harga bahan baku yang membubung tinggi, laba perusahaan amat rendah.
Tapi, apa hubungan antara pembuatan sepatu dan uiversitas?

Padahal, di Universitas Zhejiang ada seorang profesor yang membidangi desain produk dengan mengandalkan komputer, namanya Geng Weidong. Ia bekerja sama dengan pabrik sepatu dibidang produksi dan penelitian, dan ia secara independen meneliti dan membuat semacam piranti lunak industri, dan berdasarkan gambar kaki membuat model tiga dimensi yang akurat. Dengan teknologi baru itu, dapat direalisasi personalisasi sepatu, selain dapat memenuhi kebutuhan konsumen akan mutu tinggi, juga dapat mengurangi pemborosan dan meningkatkan nilai tambahan industri.

Xi Jinping selalu mempertimbangkan transformasi dan eskalasi industri tradisional Zhejiang dengan memanfaatkan teknologi informasi. Proyek Geng Weidong itu mengundang perhatian Xi Jinping. Begitu memasuki ruang pertemuan kampus, ia mengemukakan serangkaian pertanyaan.

Membantu tranformasi dan eskalasi industri manufaktur Zhejiang merupakan urusan yang ingin didorong Xi Jinping sejak ia memangku jabatannya di Zhejiang pada tahun 2002. Untuk merealisasi tujuan tersebut, ia menyempurnakan mekanisme kerja untuk mendatangkan modal di dalam dan luar negeri, dengan memanfaatkan modal unggul di dalam dan luar negeri serta teknologi maju, tenaga ahli yang unggul dan manejimen modern serta sumber daya lainnya terus meningkatkan level dan jenjang perkembangan industri Zhejiang. Ia menggairahkan perusahaan setempat Zhejiang menuju luar dan membentuk pusat litbang di daerah lain di dalam negeri bahkan pasar internasional dalam rangka meningkatkan level industri manufaktur.

Dengan peningkatan terus mutu selama beberapa tahun ini, teknologi digital Geng Wei dong, profesor Universitas Zhejiang dengan sukses mendorong perkembangan industri sepatu Zhejiang dan informatisasi juga berhasil mengembangkan industri tradisional.

Di bawah penyuluhan strategis Xi Jinping untuk terus menempuh jalan industrialisasi tipe baru, struktur indusitri Zhejiang berkembang dari rendah, kecil dan tersebar ke tinggi dan canggih, dengan mutu tinggi menggantikan laju pertumbuhan yang tinggi. Cetak biru Xi Jinping tentang perkembangan industri manufaktur Zhejiang kini menjadi kenyataan.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 102 Views

Update
No Update Available
Related News
Tiongkok dan Kuba bakal perdalam hubungan persahabatan istimewa pada era baru
Distributor sayur
KCJB: Jembatan bahagia Tiongkok-Indonesia yang saling menguntungkan dan menang bersama
×