Jumat, 30 September 2022 10:04

Tiongkok dan Argentina adalah teladan kerjasama emerging market

Luar Negeri

Presiden Xi Jinping hari Rabu lalu (28/9) mengirim surat ucapan selamat kepada Forum Tingkat Tinggi Pertukaran Kebudayaan Tiongkok-Argentina, dan berharap agar forum mendorong perkembangan hubungan kemitraan strategis komprehensif Tiongkok-Argentina, serta memberikan kontribusi dalam mendorong pembangunan komunitas senasib sepenanggungan Tiongkok-Amerika Latin dan komunitas senasib sepenanggungan manusia di era baru.

Presiden Argentina Alberto Angel Fernandez dalam surat ucapan selamatnya menantikan kedua pihak memperdalam kerja sama, mendorong pembangunan hubungan kemitraan strategis komprehensif Argentina-Tiongkok, dan memberikan kontribusi lebih besar bagi kesejahteraan rakyat kedua negara dan perdamaian dunia.

Tahun ini genap 50 tahun penggalangan hubungan diplomatik antara Tiongkok dan Argentina. Sebagai salah satu acara penting demi merayakan genap 50 tahun penggalangan hubungan diplomatik dan Tahun Kerja Sama Bersahabat Tiongkok-Argentina tahun 2022, pemimpin kedua negara mengucapkan selamat kepada Forum Tingkat Tinggi Pertukaran kebudayaan Tiongkok-Argentina, sepenuhnya memanifestasikan perhatian pemimpin kedua negara terhadap kerja sama Tiongkok-Argentina di era baru, juga memanifestasikan pembimbingan strategis terhadap hubungan strategis dan pertukaran kebudayaan antara kedua negara.

Selama 50 tahun lalu, Tiongkok dan Argentina dari teman yang jaraknya jauh berkembang menjadi mitra strategis komprehensif, ini tidak saja mendatangkan kesejahteraan riil kepada rakyat kedua negara, tapi juga dengan sepenuhnya membuktikan bahwa dapat tercapainya saling menguntungkan dan menang bersama di antara negara.

Dalam pernyataan bersama yang dikeluarkan kedua negara pada Februari lalu mengenai peningkatan hubungan kemitraan strategis komprehensif, Argentina menegaskan kembali bahwa akan terus berpegang teguh pada prinsip Satu Tiongkok, sedangkan Tiongkok menegaskan kembali bahwa Tiongkok mendukung Argentina melaksanakan kedaulatan sepenuhnya di Kepulauan Malvinas. Dukungan teguh serupa yang dibangun di atas dasar saling menghormati kedaulatan adalah fondasi persahabatan antara kedua negara.

Sementara itu, perkembangan sehat dan stabil antara Tiongkok dan Argentina di bidang ekonomi dan perdagangan juga menguntungkan rakyat kedua negara. Pada tahun 2021, volume perdagangan bilateral meningkat 28,3 persen dibandingkan masa sama tahun lalu, atau mencapai 17,83 milyar dolar AS. Tiongkok adalah mitra perdagangan terbesar kedua bagi Argentina. Pada Februari lalu, Tiongkok dan Argentina menandatangani sebanyak belasan dokumen termasuk memorandum pembangunan bersama Sabuk dan Jalan, mencakupi pertanian, ekonomi digital dan pembangunan hijau.

Saat ini, kedua negara tengah menghadapi isu pemulihan ekonomi pasca pandemi dan peningkatan kesejahteraan rakyat. Seiring dengan pembangunan Satu Sabuk Satu Jalan, Tiongkok dan Argentina sedang memperkukuh lebih lanjut fundamental kerja sama agar mengisi lebih banyak daya penggerak dalam menangani tantangan perkembangan.

Misalnya, di Sungai Santa Cruz, Tiongkok dan Argentina sedang bersama membangun pembangkit listrik tenaga air di ujung selatan di dunia. Setelah pabrik pembangkit listrik ini beroperasi, kapasitas pembangkitan listrik tahunan Argentina akan mencapai 4,95 miliar KW, diperkirakan akan menghemat anggaran belanja minyak dan gas alam sebesar 1,1 miliar dolar AS.

Dalam Forum Tingkat Tinggi Pertukaran kebudayaan Tiongkok-Argentina, China Media Group dan mitra-mitra media Argentina akan bersama menggelar Pekan Kebudayaan Tiongkok-Argentina, menghidupkan hotline pers Tiongkok-Negara Amerika Latin. Sekretaris Urusan Negara untuk Media Publik Argentina Juan Ross dalam kata sambutan virtual menyatakan, Tiongkok dan Argentina adalah teman baik dan teman kerja sama sejati.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 122 Views

Update
No Update Available
Related News
Tiongkok dan Kuba bakal perdalam hubungan persahabatan istimewa pada era baru
Distributor sayur
KCJB: Jembatan bahagia Tiongkok-Indonesia yang saling menguntungkan dan menang bersama
×