Selasa, 04 Oktober 2022 13:24

Xi Jinping: Biar semua orang lansia mempunyai kehidupan masa tua yang berbahagia

Luar Negeri

Hari ini adalah Festival Chongyang. Di Tiongkok, festival ini bersejarah lama, dan sejak zaman dahulu kala, terdapat adat untuk memohon panjang umur pada hari ini. Undang-undang Jaminan Hak dan Kepentingan Orang Lansia yang dirilis tahun 2013 menentukan, Festival Chongyang setiap tahun dijadikan sebagai Festival Orang Lansia Tiongkok, dengan demikian festival ini diwarnai lebih banyak unsur berbakti pada orng lansia, dan menandakan Tiongkok telah memasuki “Era Rambut Putih”.

Pemerintah dan pemimpin Tiongkok selalu mementingkan kerja orang lansia. Selama 10 tahun terakhir ini, Presiden Xi Jinping selalu memperhatikan usaha orang lansia, berkali-kali melakukan inspeksi pekerjaan pelayanan lansia, dan memberi banyak instruksi mengenai kerja orang lansia. Selama 10 tahun terakhir ini, Tiongkok terus mengintensifkan perancangan teratas kerja orang lansia, terus menyempurnakan sistem pelayanan lansia, secara mantap mendorong pembangunan masyarakat ramah orang lansia.

Sampai akhir 2021, orang lansia yang umurnya 60 tahun ke atas di Tiongkok tercatat 267 juta jiwa, dan merupakan 18,9% populasi toal Tiongkok. Presiden Tiongkok Xi Jinping menunjukkan, sistem hendaknya disempurnakan, kerja hendaknya diperbaiki untuk mendorong perkembangan usaha orang lansia dengan bervariasi, agar semua orang lansia mendapat perawatan, keterandalan, kesenangan dan ketenangan.

Di bidang perawatan, Xi menekankan, hendaknya mendorong perkembangan koordinasi usaha orang lansia dan lembaga perawatan orang lansia, mengembangkan pelayanan orang lansia tipe preferensial umum, menyempurnakan jaringan pelayanan orang lansia dengan perawatan di rumah, membentuk sistem pelayanan orang lansia yang koordinatif antara rumah dan lembaga komunitas dengan kombinasi perawatan medis dan kesehatan. Sampai September tahun ini, pelayanan orang lansia komunitas pada pokoknya mecakup semua komunitas di seluruh Tiongkok dan separo ke atas komunitas di pedesaan. Sampai triwulan pertama tahun ini, badan dan instalasi pelayanan orang lansia di seluruh negeri mencapai 360 ribu.

Di bidang keterandalan, Presiden Xi memberi instruksi penting mengenai kerja orang lansia pada tanggal 13 Oktober 2021. Ia menekankan keharusan menyempurnakan sistem kerja orang lansia , mengintensifkan perlengkapan kekuatan basis, mempercepat penyempurnaan sistem jaminan orang lansia, sistem pelayanan orang lansia serta sistem tunjangan kesehatan. Sampai akhir 2021, terdapat satu miliar 30 juta orang mengikuti asuransi masa tua, dan 4685 rumah sakit tingkat dua dilengkapi departemen disiplin kedokteran lansia.

Di bidang kesenangan orang lansia, Presiden Xi menekankan, hendaknya mendorong perubahan kerja orang tua dengan penanggapan aktif, perancangan keseluruhan, persiapan untuk perawatan siklus hidup penuh, perhatian pada kebutuhan orang lansia terhadap material dan budaya, dan peningkatan kualitas kehidupan orang lansia secara menyeluruh. Kini, di basis seluruh Tiongkok didirikan 40 ribu lebih pos pendidikan kepada orang lansia, instalsi budaya publik berbagai tingkat terbuka secara gratis kepada lansia, objek wisata berbagai daerah pun memberlakukan kebijakan preferensial yaitu bebas atau mengurangi biaya kepada lansia.

Di bidang ketenangan orang lansia, Presiden Xi menekankan, harus bertolak dari kebutuhan orang lansia terhadap pelayanan, merombak sumber daya pelayanan, memperluas isi pelayanan, melakukan inovasi bentuk pelayanan, dan meningkatkan kualitas pelayanan agar orang lansia menikmati keuntungan yang sungguh-sungguh. sampai tahun 2020 hingga paro pertama tahun ini, 36 ribu instalasi pelayanan orang lansia telah dibangun atau diperbaiki di seluruh negeri.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 121 Views

Update
No Update Available
Related News
Tiongkok dan Kuba bakal perdalam hubungan persahabatan istimewa pada era baru
Distributor sayur
KCJB: Jembatan bahagia Tiongkok-Indonesia yang saling menguntungkan dan menang bersama
×