Jumat, 18 November 2022 09:33

Xi Jinping temui Fumio Kishida

Luar Negeri

Presiden Tiongkok Xi Jinping mengadakan pertemuan dengan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida di Bangkok, pada hari Kamis kemarin (17/11).

Xi Jinping menunjukkan, tahun ini Tiongkok dan Jepang bersama memperingati genap 50 tahun normalisasi hubungan diplomatik Tiongkok-Jepang. Selama 50 tahun ini, kedua pihak berturut-turut mencapai 4 dokumen politik dan serangkaian kesepahaman penting. Pertukaran dan kerjasama di berbagai bidang mencapai hasil bernas, memberikan kesejahteraaan penting kepada rakyat kedua negara, juga mendorong perdamaian, pembangunan dan kemakmuran kawasan ini.

Tiongkok dan Jepang adalah tetangga dekat, sama-sama negara penting di Asia maupun dunia, memiliki banyak kepentingan bersama dan ruang kerjasama. Kepentingan hubungan Tiongkok-Jepang tidak berubah dan tidak akan berubah. Tiongkok bersedia bersama pihak Jepang, menangani arus utama hubungan kedua negara dari level strategis, membentuk hubungan Tiongkok-Jepang yang sesuai dengan tuntutan era baru.

Xi Jinping menekankan, kedua pihak hendaknya memperlakukan satu sama lain dengan sikap tulus dan saling percaya, menaati asas 4 dokumen politik Tiongkok-Jepang, menarik kesimpulan dari pengalaman sejarah, memandang perkembangan pihak lain dengan sikap objektif dan bijaksana, memanifestasikan kesepahaman politik ‘saling menjadi mitra kerjasama dan saling tidak menjadi ancaman’ dalam kebijakan masing-masing. Masalah prinsipal penting terkait sejarah dan Taiwan bersangkutan dengan dasar politik dan moral dasar hubungan kedua negara, harus ditaati dan ditangani secara baik-baik. Tiongkok tidak mencampuri urusan dalam negeri negara lain, juga tidak menerima siapa pun yang dengan alasan apa pun mengintervensi urusan dalam negeri Tiongkok.

Xi Jinping menekankan, sistem sosial dan realitas Tiongkok dan Jepang berbeda, kedua pihak hendaknya saling menghormati, meningkatkan saling percaya dan pengertian. Dalam masalah maritim dan persengketaan teritorial, kedua pihak hendaknya menaati kesepahaman prinsipal yang tercapai, mengontrol perselisihan dengan kecerdasan politik dan tanggungjawab. Kedua pihak hendaknya terus memainkan keunggulan unik yaitu dekat secara geografis dan mirip secara kultural untuk melakukan pertukaran antar pemerintah, partai, parlemen dan lembaga masyarakat, khususnya aktif melakukan pertukaran antar kaum muda, membentuk asumsi objektif dan positif antara satu sama lain, dalam rangka mendorong pertukaran antar masyarakat.

Fumio Kishida menyatakan, kedua pihak sukses melakukan pembicaraan telepon pada Oktober tahun lalu, telah mencapai kesepakatan mengenai pembentukan hubungan Jepang-Tiongkok yang sesuai dengan tuntutan era baru. Dewasa ini, pertukaran dan kerjasama kedua negara di berbagai bidang sedang terpulih secara bertahap. Jepang dan Tiongkok saling menjadi tetangga dekat, juga tidak menjadi ancaman satu sama lain, perlu dan harus hidup secara damai. Pembangunan dan kemakmuran Jepang tidak terpisahkan dari Tiongkok, dan juga sebaliknya. Jepang menyambut Tiongkok memberikan kontribusi positif kepada dunia melalui pembangunan sendiri.

Kerjasama Jepang-Tiongkok berpotensi sangat besar, kedua negara mengemban tanggungjawab yang penting terhadap perdamaian dan kemakmuran kawasan ini maupun seluruh dunia. Jepang bersedia berupaya bersama dengan Tiongkok, mewujudkan perkembangan hubungan Jepang-Tiongkok yang sehat dan stabil. Komitmen Jepang dalam pernyataan bersama Jepang-Tiongkok terkait masalah Taiwan tidak berubah. Dirinya bersedia meningkatkan dialog dan konsultasi dengan Tiongkok, bersama membimbing hubungan Jepang-Tiongkok berkembang ke arah yang tepat.

Kedua pihak sepakat memelihara pertukaran dan dialog pada level tingkat tinggi, memperdalam saling percaya politik, mendorong kerjasama pragmatis, memperluas pertukaran antar masyarakat, meningkatkan koordinasi dan kerjasama dalam urusan internasional dan regional, berupaya bersama untuk membentuk hubungan Tiongkok-Jepang yang stabil dan konstruktif yang sesuai dengan tuntutan era baru.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 141 Views

Update
No Update Available
Related News
Tiongkok dan Kuba bakal perdalam hubungan persahabatan istimewa pada era baru
Distributor sayur
KCJB: Jembatan bahagia Tiongkok-Indonesia yang saling menguntungkan dan menang bersama
×