Kamis, 19 Januari 2023 14:24

Jejak kaki Xi Jinping di Tahun Baru Imlek

Luar Negeri

Tahun Baru Imlek adalah hari raya terpenting bagi warga Tiongkok sepanjang tahun. Menjelang Tahun Baru Imlek, warga Tiongkok dari berbagai tempat akan kembali ke kampung halamannya, mendekorasi rumah, berkumpul dengan segenap keluarga bersama menyantap makanan malam Tahun Baru Imlek yang lezat, saling mengucapkan selamat tahun baru dan berdoa semoga di tahun mendatang segalanya lebih baik.

Bagi warga Tiongkok, Tahun Baru Imlek mengandung makna reuni, kebahagiaan dan kemakmuran.

“Meskipun hanya melalui layar televisi, saya tetap dapat merasakan suasana kental Tahun Baru Imlek di berbagai tempat di seluruh Tiongkok, merasakan kebahagiaan dan kegembiraan semua orang, hati saya selalu bersama dengan hati rakyat berbagai etnis di Tiongkok.” Demikian disampaikan oleh Presiden Xi Jinping ketika ia menengok para kader akar rumput secara virtual di Beijing Rabu (18/1) kemarin.

Di Tiongkok ada pepatah yang berbunyi, “Kerinduan pada sanak keluarga lebih dalam di hari raya.” Menjelang Tahun Baru Imlek, Xi Jinping selalu menengok rakyatnya ke berbagai daerah di Tiongkok. Ia selalu berbincang-bincang dengan rakyat jelata, menanyakan kesulitan mereka dan mendengarkan rencana mereka di tahun baru, sekaligus berbagi kegembiraan menyongsong Tahun Baru Imlek.

Sejak memangku jabatan sebagai pemimpin tertinggi di tahun 2012, jejak kaki Xi Jinping tersebar di berbagai tempat di seluruh Tiongkok, seperti di desa-desa termiskin di bagian barat, selatan dan utara yang terpencil, kamp militer dan daerah hutan yang bersuhu minus 30 derajat Celsius dan tertutup salju, permukiman etnis minoritas yang berada di ketinggian 2.500 meter di atas permukaan laut, di pasar dan supermarket, menengok anak-anak di panti asuhan, mengantarkan barang kebutuhan Tahun Baru Imlek untuk rakyat setempat, serta membuat pangsit bersama merayakan Tahun Baru Imlek.

Menjelang Tahun Baru Imlek tahun ini, Xi Jinping untuk pertama kalinya menengok rakyatnya secara virtual. Cara ini memungkinkan Xi Jinping untuk melihat lebih banyak tempat dan bertemu dengan lebih banyak rakyat serta menyampaikan doanya untuk mereka.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 62 Views

Update
No Update Available
Related News
Tiongkok kukuhkan fondasi ketahanan pangan secara menyeluruh
Tahun Baru Imlek Tiongkok hangatkan ekonomi dunia
Pidato Presiden Xi berikan pedoman bagi peningkatan kerja sama Tiongkok-Amerika Latin
×