Senin, 30 Januari 2023 10:14

Tiongkok kukuhkan fondasi ketahanan pangan secara menyeluruh

Luar Negeri

Presiden Xi Jinping menunjukkan, menyelesaikan masalah pangan satu miliar rakyat dengan baik selalu menjadi hal besar yang diprioritaskan oleh PKT dalam tata kelola negara. Di bawah pimpinan kuat PKT yang berintikan Xi Jinping, berbagai daerah dan badan pemerintah selalu memperhatikan masalah ketahanan pangan, serta memperkukuh fondasi ketahanan pangan secara menyeluruh.

Di awal tahun baru ini, di ladang-ladang yang luas telah tampak sebuah aktivitas yang sibuk. Di Songtao, Provinsi Guizhou, ladang-ladang berstandar tinggi sedang dibangun di pegunungan. Di Yiyang, Provinsi Hunan, produksi traktor jenis baru sedang dipercepat perakitannya untuk pembajakan sawah di musim semi. Di Sanya, Provinsi Hainan, meskipun liburan Tahun Baru Imlek baru saja berlalu, sebanyak 8.000 orang ahli pembibitan dari badan penelitian dan sekolah tinggi di seluruh Tiongkok telah datang untuk meneruskan percobaan pembibitan mereka.

Jika ingin memperkuat negara, harus terlebih dahulu memperkuat pertanian. Presiden Xi Jinping dalam rapat kerja pusat pekerjaan pedesaan menekankan, menjamin kestabilan dan keamanan suplai bahan pangan dan produk pertanian merupakan hal besar yang diprioritaskan dalam membangun negara kuat pertanian. Pada putaran yang baru, hendaknya dapat berupaya meningkatkan jumlah produksi bahan pangan sebanyak 100 miliar kati.

Saat ini, provinsi penghasil bahan pangan sedang menggali potensinya di bidang bibit, tanah garapan dan level peralatan mesin pertanian. Di desa Yongfeng, Meishan, Provinsi Sichuan, para petani setempat sedang giat meratakan tanah garapan. Setelah ladang kecil menjadi ladang besar, kondisinya menjadi lebih sesuai dengan pekerjaan mekanisasi, dan sawah pun menjadi lebih subur.

Pada bulan Juni tahun 2022, Xi Jinping meninjau daerah tersebut, beliau mengunjungi ladang uji coba dan melihat keadaan pertumbuhan padi. Beliau menunjukkan perlunya meningkatkan pendorongan penerapan iptek pertanian dan penataran teknologi, mengerahkan para penanam pangan, serta dengan aktif mengembangkan pertanian hijau, pertanian ekologis dan pertanian berefisiensi tinggi.

Beberapa waktu yang lalu, Kota Meishan mengeluarkan rencana khusus untuk membangun ‘lumbung pangan’ di Distrik Yongfeng, mengajukan enam langkah seperti mengadakan pembangunan dan pemeliharaan ladang yang berstandar tinggi, serta peningkatan produksi, kualitas dan efisiensi bahan pangan. Tindakan-tindakan tersebut membuat keyakinan para petani setempat terhadap penanaman bahan pangan menjadi semakin kuat.

Di tahun ini, Tiongkok akan membangun lahan baru berstandar tinggi seluas 45 juta mu ( 3 juta hektar) dan memperbaiki ladang berstandar tinggi seluas 35 juta mu (2,3 juta hektar). Tiongkok juga akan menjamin luas penanaman tanaman kedelai dan tanaman penghasil minyak terpelihara pada lebih dari 350 juta mu (23 juta hektar), luasnya akan diupayakan bertambah lebih dari 10 juta mu ( 666 ribu hektar), indeks swasembada minyak nabati meningkat 1 poin persentase, dengan harapan dapat secara menyeluruh memperkukuh fondasi ketahanan pangan.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 138 Views

Update
No Update Available
Related News
Buka situasi baru kerja sama dan menang bersama
Majalah Qiushi rilis artikel Xi Jinping
Leaders Talk: Wawancara khusus dengan Presiden Kongo (Brazzaville)
×