Selasa, 07 Pebruari 2023 19:22

Warga Nahdiyin Kabupaten Kuningan Jawa Barat peringatan 1 Abad NU

Perayaan

Memperingati 1 abad NU (Nahdlatul Ulama) warga nahdiyin Kabupaten Kuningan Jawa Barat, menggelar Tausiyah Akbar bersama tokoh masyarakat para kia dan para alim ulama, di Graha Ahmad Bagdja, Desa Pajawan Kidul, Kecamatan Lebakwangi, Minggu 5 Februari 2023 malam.

Acara tersebut sekaligus Haul KH Ahmad Bagdja, yang merupakan tokoh pejuang Nahdlatul Ulama (NU) dari Kabupaten Kuningan.

Acara ini dibuka oleh Ketua Umum PKB, KH. Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin), secara virtual dari gedung PBNU, Jakarta. Hadir di acara ini H. Yanuat Prihatin anggota DPR-RI yang juga asli putra daerah Kabupaten Kuningan.

Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, Ketua Rois Syuriah PCNU Kabupaten Kuningan, KH. Ubaidillah, Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Kuningan, KH. Aam Aminuddin, Ketua DPC PKB sekaligus Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kuningan, H. Ujang Kosasih.

Adapun Tausiyah Akbar diisi oleh Ketua Umum Majelis Zikir Zulfaqar Indonesia, KH Ikrom Bin Ahmad, yang diikuti ratusan jamaah Nahdliyin, para tamu undangan, serta masyarakat sekitar.

Pesan dari tausyiah tersebut sejurus tema peringatan 1 Abad NU “100 Tahun Menjaga NKRI, Merawat Jagad, Membangun Peradaban,” ujar KH. Ikrom bin Ahmad menyerukan kepada warga Nahdliyin agar selalu berpegang teguh pada aqidah Islam, ajaran Rasulullah SAW, serta prinsip-prinsip Nahdlatul Ulama dalam menjalankan roda organisasi.

NU pun harus senantiasa menjaga kebhinnekaan dalam berbangsa dan bernegara di Indonesia.

Dan terus berpacu dalam dunia pendidikan, supaya bisa membangun peradaban, terutama menjadikan warga Nahdliyin yang berintelektualitas tinggi.

“Orang NU itu berbudi pekerti luhur, mampu mengajak kebaikan bukan suka mengejek. Dapat merubah hidup manusia ke jalan yang benar, bukan mengkafir-kafirkan.”

“Dan, hal itu sudah dilaksanakan para Kyai hingga Santri-santri Nahdlatul Ulama sejak zaman perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia. Hari ini di usia 100 tahun, kita harus bisa menjaga NU sebagai organisasi Islam terbesar,” ujar KH. Ikrom.

Acara Peringatan 1 Abad NU bertepatan dengan juga dengan Haul ke-3 KH Ahmad Bagdja tokoh NU yang lahir pada 13 Maret 1946, dan wafat 6 Februari 2020.” Yanuar Prihatin mengemukakan tentang keteladanan KH. Ahmad Bagdja.

favorite 1 likes

question_answer 0 Updates

visibility 428 Views

Update
No Update Available
Related News
Kasiter Kasrem 043/Gatam bersinergi dengan Purnawirawan Polri
Warga Nahdiyin Kabupaten Kuningan Jawa Barat peringatan 1 Abad NU
Bersama beberapa Ormas, Mitra Kodim 0410 KBL, ikuti Upacara Kibar Bendera HUT RI
×