Selasa, 21 Maret 2023 13:56

Presiden Xi Jinping bertemu Presiden Putin

Luar Negeri

Setelah tiba di Moskwa Senin sore (20/3) kemarin, Presiden RRT Xi Jinping diundang untuk bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Istana Kremlin.

Presiden Xi menekankan, hingga kini, perkembangan hubungan Tiongkok-Rusia memiliki logika sejarah yang mendalam. Sebagai negara tetangga terbesar dan mitra kerja sama strategis komprehensif, hubungan Tiongkok dan Rusia menjadi prioritas dalam situasi diplomatik keseluruhan dan kebijakan luar negeri masing-masing. Tiongkok selalu menganut kebijakan diplomasi yang bebas merdeka. Hubungan Tiongkok-Rusia yang kukuh dan baik adalah pilihan strategis Tiongkok berdasarkan kepentingan mendasar sendiri dan situasi pembangunan dunia. Arah besar peningkatan hubungan kerja sama strategis Tiongkok dengan Rusia tidak akan berubah.

Tiongkok dan Rusia sama-sama mencurahkan tenaga demi pembangunan dan revitalisasi negara, sama-sama mendukung dunia multipolaris, dan sama-sama mendorong demokratisasi hubungan internasional. Kedua pihak hendaknya lebih lanjut memperdalam kerja sama pragmatis di semua bidang, meningkatkan koordinasi di berbagai platform termasuk PBB, mendukung pembangunan dan revitalisasi negara masing-masing dan menjadi andalan perdamaian dan stabilitas dunia.

Pada kesempatan itu, Presiden Putin menyambut hangat kunjungan kenegaraan Presiden Xi dan menyampaikan ucapan selamat atas terpilihnya kembali Xi Jinping sebagai Presiden Tiongkok. Presiden Putin menyatakan, selama 10 tahun ini, prestasi luar biasa yang dicapai Tiongkok di berbagai bidang adalah berkat pimpinan mantap Presiden Xi, hal ini juga memperlihatkan keunggulan sistem negara dan sistem pemerintahan Tiongkok. Presiden Putin yakin, di bawah pimpinan Presiden Xi, Tiongkok pasti akan berkembang semakin makmur dan dapat mewujudkan target yang telah ditetapkan.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 297 Views

Update
No Update Available
Related News
Sungai Yangtze yang jernih seperti satu gambaran indah yang baru
Mengapa mereka menjadikan Pasar Tiongkok sebagai tujuannya?
Tiongkok percepat pembentukan Jaringan Transportasi Komprehensif Tiga Dimensi
×