Kamis, 18 Mei 2023 14:49

Xi Jinping dengarkan Laporan Kerja Komite Sentral PKT dan pemerintah Provinsi Shaanxi

Luar Negeri

Menjelang KTT Tiongkok-Asia Tengah yang akan dibuka di kota Xi’an, pada hari Rabu kemarin (17/5), Presiden Tiongkok Xi Jinping secara khusus mendengarkan laporan kerja Komite Sentral Partai Komunis Tiongkok dan pemerintah Provinsi Shaanxi.

Xi Jinping menekankan, dalam pembangunan modernisasi ala Tiongkok, Shaanxi hendaknya bertekad dan berani untuk berdiri di paling depan dan menjadi pemimpin tren zaman, berupaya mengejar dan berani melangkah lebih jauh, memainkan peranan sebagai teladan di daerah Tiongkok bagian barat.

Hendaknya melaksanakan ide pembangunan baru secara sempurna, tepat dan menyeluruh, dengan berkisar pada tugas utama pembangunan berkualitas tinggi, bertolak dari situasi umum pembangunan nasional, berdasarkan keadaan riil Shaanxi sendiri, memainkan keunggulan diri, memperjelas tujuan utama, secara inisiatif menggabungkan diri dan melayani pembentukan pola pembangunan baru, berupaya mewujudkan terobosan di bidang-bidang perwujudan kemandirian iptek, pembentukan sistem industri modern, pendorongan perkembangan koordinasi regional antara kota dan desa, perluasan keterbukaan bertaraf tinggi, dan peningkatan pelestarian lingkungan ekologis, serta berupaya menulis lembaran baru provinsi Shaanxi demi pembangunan modernisasi ala Tiongkok.

Xi Jinping memperhatikan pekerjaan pelestarian ekosistem dan perlindungan peninggalan budaya di perairan Sungai Kuning.

Tanggal 16 Mei lalu, dalam perjalanan menuju Provinsi Shaanxi, Xi Jinping berturut-turut menginspeksi Museum kota Yuncheng dan Danau Garam Yuncheng. Kota Yuncheng memiliki sejarah yang panjang dan penuh dengan nuansa budaya.

Kota Yuncheng terkenal sebagai ‘kota pengangkutan garam’. Di Museum Yuncheng, Xi Jinping sempat mempelajari tentang asal-usul manusia dan sejarah peradaban bangsa Tionghoa di Yuncheng, serta mendengarkan laporan tentang perkembangan pembentukan danau garam dan sejarah perkembangan kota Yuncheng.

Xi Jinping menekankan, museum memiliki peninggalan budaya yang sangat berharga bahkan menjadi ‘harta nasional’, mereka telah menjadi saksi sejarah umat manusia selama satu juta tahun, sejarah budaya selama sepuluh ribu tahun, serta sejarah peradaban di Tiongkok selama lebih dari lima ribu tahun, hendaknya melaksanakan proyek eksplorasi sumber peradaban bangsa Tionghoa secara mendalam, dan memperdalam penelitian sejarah peradaban bangsa Tionghoa.

Pertambangan di Danau Garam Yuncheng sudah bersejarah 4.600 tahun lebih, dasar kebudayaannya sangat mendalam, dan nilai sejarahnya sangat penting. Xi Jinping mendengarkan perkenalan terkait dan sempat menginspeksi danau garam setempat.

Dia menunjukkan, nilai ekologis dan fungsi danau garam semakin penting, koordinasi pekerjaan pelestarian dan pemanfaatannya harus dilakukan dengan baik, agar sumber sejarah dan sumber daya ekologis danau garam yang unik tersebut dapat diwarisi secara turun-temurun, fungsi ekologisnya dapat perlahan-lahan pulih, serta dapat melestarikan nilai budaya sejarahnya dengan lebih baik.

Dia menekankan, berbagai provinsi dan daerah di perairan Sungai Kuning hendaknya mementingkan pelestarian ekosistem perairan Sungai Kuning sebagai garis dasar untuk merancang dan mendorong pembangunan berkualitas tinggi, sedangkan hal-hal yang tidak bermanfaat bagi pelestarian ekosistem di perairan Sungai Kuning sama sekali tidak boleh dilakukan.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 387 Views

Update
No Update Available
Related News
Tiongkok percepat pembentukan Jaringan Transportasi Komprehensif Tiga Dimensi
Meningkatkan pelestarian bersama ekologi di Delta Sungai Yangtze
Anggota RCEP aktif berpartisipasi dalam CICPE
×