Sabtu, 20 Mei 2023 15:52

Dunia butuhkan lebih banyak sumbangan "Tiongkok-Asia Tengah”

Luar Negeri

KTT ke-1 Tiongkok-Asia Tengah diselenggarakan dengan sukses di Kota Xi'an Provinsi Shaanxi, titik tolak timur Jalan Sutera Juno. Presiden Tiongkok Xi Jinping memimpin KTT dan menyampaikan pidato penting. Ia menegaskan, dunia membutuhkan sebuah Asia Tengah yang stabil, makmur, harmonis dan berkonektivitas, Ia mengemukakan "empat mempertahankan" mengenai bagaimana membangun Komunitas Senasib Sepenanggungan Tiongkok-Asia Tengah dan empat butir usulan mengenai bagaimana mengembangkan kerja sama kedua pihak, dan ini mendapat penilaian tinggi dan tanggapan para kepala negara Asia Tengah.

Bagaimana membangun Komunitas Senasib Sepenanggungan Tiongkok-Asia Tengah di era baru? Jawaban pihak Tiongkok ialah "saling membantu, mengupayakan pembangunan bersama, keamanan umum dan persahabatan turun temurun".

Bagaimana mendorong kerja sama kedua pihak? Pihak Tiongkok mengemukakan harus meningkatkan pembangunan mekanisme, memperluas kerja sama ekonomi dan perdagangan, memperdalam konektivitas, memperluas kerja sama energi, mendorong inovasi warna hijau, meningkatkan kemampuan pembangunan, meningkatkan dialog peradaban, dan memelihara perdamaian kawasan. Konsep Tiongkok telah menyediakan fondasi fundamental dan patokan aksi bagi pembentukan Komunitas Senasib Sepenanggungan Tiongkok-Asia Tengah yang lebih erat.

Dari pidato Xi Jinping, dunia luar dapat merasakan bahwa Tiongkok mengembangkan kerja sama dengan negara-negara Asia Tengah dari sudut mengamati secara mendalam perubahan situasi internasional. Membentuk Komunitas Senasib Sepenanggungan Tiongkok-Asia Tengah yang lebih erat tidak saja menguntungkan kedua pihak meneruskan persahabatan ribuan tahun dan membuka masa depan yang baru, juga telah memberikan sumbangan baru untuk memelihara keadilan internasional.

Dalam sejarah panjang, Xi'an menyaksikan kemakmuran Jalan Sutera Kuno. Kini, KTT Tiongkok-Asia Tengah yang diadakan di kota kuno ini merupakan batu mal baru dalam hubungan kedua pihak. Diresmikannya mekanisme pertmuan pemimpin Tiongkok-Asia Tengah akan menyediakan penyuluhan strategis bagi kerja sama kedua pihak di masa depan. Jalan kerja sama enam negara demi kemenangan bersama pasti semakin lebar dan memberikan semakin banyak sumbangan Tiongkok-Asia Tengah kepada dunia.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 316 Views

Update
No Update Available
Related News
Sungai Yangtze yang jernih seperti satu gambaran indah yang baru
Mengapa mereka menjadikan Pasar Tiongkok sebagai tujuannya?
Tiongkok percepat pembentukan Jaringan Transportasi Komprehensif Tiga Dimensi
×